Kamis, 08 Juni 2017

Abbey Road, Desain Cover Album yang Fenomenal


Jika berbicara tentang sebuah album, maka desain cover tidak bisa dilupakan. Meskipun sepele, akan tetapi cover menjadi sebuah hal mutlak bukan hanya untuk menjadi identitas saja namun juga sebagai ciri khas yang mendandakan eksistensi dan pencapaian artis atau band tersebut dalam mengeluarkan album.



Banyak desain album cover yang termasuk kedalam kategori bagus dan menarik. Bahkan diantaranya ada yang masuk kedalam kategori fenomenal, salah satunya adalah cover album Abbey Road dari The Beatles. Inilah desain cover album yang lain daripada yang lain dan mampu menyita perhatian dunia.

Kita semua pasti tahu bukan album dari band legendaris ini dimana keempat personel, yaitu John Lennon, Ringgo Starr, Paul McCartney, dan George Harrison di-setting sedang menyeberang Abbey Road? Wah, kalau kamu Beatlemania, kamu pasti tahu bagaimana berita mistis yang berembus di balik cover album itu. Saking fenomenalnya, dilansir situs jasa company profile sampai-sampai The Simsons memiliki poster duplikatnya.  Atau jika di Indonesia, kamu tahu buku Muhammad Mirsad yang berjudul Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On? Nah, di sana Mice menyelipkan poster yang mungkin terinspirasi dari cover album The Beatles yang ke-11 itu.

Memang jika berbicara tentang eksistensi dan hal-hal yang luar biasa untuk ukuran sebuah desain cover album, Abbey Road sudah pasti menjadi yang teratas. Maka dari itu, kami akan ulas hal-hal apa saja yang menyelimuti desain album cover ini yang perlu Anda ketahui.


1. Paul McCartney Diisukan Meninggal

Hal ini bermula, saat seseorang bernama Tom menelepon ke sebuah radio dan memberitahukan kalau Paul McCartney sudah meninggal. Pernyataan ini didasari atas lagu dalam album tersebut yang berjudul Revolution No. 9, yang jika diputar terbalik, akan muncul sebuah kata berbunyi, "Turn me on, dead man."

2. Cover Album Yang Mengisyaratkan Prosesi Pemakaman Paul

Fans lainnya juga berasumsi, bila dalam cover album ABBEY ROAD ada petunjuk mengenai sebuah prosesi pemakaman. Menurut mereka , hal ini didasari dari cara berpakaian masing-masing personel di cover tersebut.

Dimulai dari gaya berpakaian John Lennon yang serba putih, menandakan sebagai Tuhan. Kemudian Ringo Starr, yang mengenakan setelan jas hitam rapi, mencirikan sebagai pendeta.

Sementara Paul McCartney mengenakan setelan jas rapi, namun tidak menggunakan alas kaki, yang sesuai dengan budaya Inggris, orang mati memang dimakamkan dengan setelan jas rapi, tapi tidak memakai alas kaki. Yang terakhir, George berpakaian casual, mencirikan sebagai penggali kubur.

3. Foto Asli Album ABBEY ROAD Terjual Rp. 300juta

Yang menarik lagi dari sampul album ini ini, ternyata foto yang dipakai The Beatles adalah satu dari sepuluh foto yang telah dibuat. Saat dijual dalam proses pelelangan, sampul album ABBEY ROAD yang kontroversial ini, resmi terjual dengan harga Rp 300 juta. Untuk ukuran sebuah desain cover, ini adalah harga yang sangat fantastis mengingat popularitas dari The Beetles sendiri yang berada di puncak kejayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar