Kamis, 08 Juni 2017

Agar Mudah Dikenal, Masukan 5 Unsur Ini Kedalam Desain Poster Anda


Desain grafis memiliki banyak elemennya. Mulai dari yang konvensional hingga yang digital, desain grafis sudah berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu bidanhg industri kreatif yang banyak menyentuh hampir semua bidang.



Jika berbicara tentang desain grafis, maka yang terlintas adalah seperti apakah grafis yang akan kita buat agar menciptakan attention tersendiri dikalangan masyarakat. Setelah kita mengenal desain grafis yang fenomenal dalam sebuah cover, mari kita bahas media desain gragis lainnya yang tidak kalah penting yaitu poster.

Seperti yang kita ketahui, sama seperti desain cover album, desain poster pun bertindak sebagai identitas dan media promosi dimana keberadaannya sangat penting dan tidak jarang desain yang dibuatnya pun sangat menarik dengan tujuan agar apapun yang kita promosikan bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Untuk itu, berikut kami hadirkan beberapa unsur dalam mendesain sebuah poster yang harus Anda masukan kedalamnya.


Mendapatkan Perhatian

Nah, ini menjadi titik awal dalam pembuatan poster. Kamu harus menentukan sebuah foto atau elemen grafis yang menarik agar bisa dilihat. Namun, bisa juga kamu menggunakan pertanyaan provokatif dengan menggunakan font tebal, agar orang yang sedang berjalan berhenti dan melihat poster yang kamu buat.

Gunakan Font Besar

Untuk bisa menarik, gunakan font yang unik atau jika kamu bisa, buatlah. Kreasikan semua ide yang ada di dalam otak kamu. Tapi, ingat ya tetap harus diperhatikan cocok atau tidaknya. Oh, ya diusahakan agar tidak terlalu banyak memakai jenis font.

Pikirkan Simetri

Ini mengenai keseimbangan desain poster dan merupakan salah satu kesalahan desainer yang membuat posternya tidak mendapatkan perhatian. Janganlah membuat salah satu ujung poster terlalu “berat” dengan informasi. Aturlah keseluruhan desain menjadi dua bagian dan mengevaluasi pentingnya masing-masing!

Break The Rules!

Nah, untuk yang terakhir ini menjadi hal yang bisa kamu pakai sesekali. Kadang desain yang baik justu desain yang berani keluar dari batas atau aturan-atuan yang mengekang agar menghasilkan desain yang unik. Namun, jika kamu mau membuat seperti itu, lakukan dengan cara seorang profesional, ya.

Buatlah Sesederhana Mungkin

Untuk menghasilkan sebuah poster yang menarik, Anda dan puluhan penyedia jasa desain company profile enggak perlu, tuh, membuatnya dengan teks yang banyak. Apalagi jika poster yang akan kamu buat diletakkan di tempat orang yang sekadar lewat, tanpa banyak waktu untuk membaca. Jika kamu membuat poster untuk memberitakan suatu acara, kamu bisa kok menambahkan alamat situs/url atau social media yang ada agar pembaca bisa melihat dengan rinci di situs tersebut. Gunakan warna dan elemen grafis semaksimal mungkin.

1 komentar: