Senin, 05 Juni 2017

Bagaimana Prospek Kerja Desain Grafis Saat Ini?


Desain grafis saat ini sudah menjadi pekerjaan yang menguntungkan. Berlandaskan hobi dan passion, tidak heran jika desain grafis sudah menjadi profesi yang menyenangkan dengan pendapatan yang tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan profesi lainnya.



Prospek kerja sebagai seorang desain grafis pada saat ini bisa dibilang cukup cemerlang, melihat dari banyaknya orang yang bergerak di bidang industri kreatif dan juga banyaknya peluang usaha yang timbul di berbagai bidang. Mari kita bahas prospek kerja bagi lulusan dari jurusan desain grafis dalam berbagai lapangan pekerjaan pada artikel dibawah ini.


Biro iklan / advertising agency

Sebagai desainer grafis di advertising agency, kamu akan terlibat dalam proses pembuatan iklan terutama iklan media cetak. Proses perancangan iklan memerlukan proses yang cukup panjang mulai dari briefing dari klien, brainstorming, perancangan konsep kreatif, eksplorasi visual hingga eksekusi iklan yang membutuhkan kreativitas dan teamwork yang tinggi.

Studio desain / creative studio

Dilansir situs jasa company profile, bekerja di creative studio, kamu akan banyak mendesain berbagai macam media periklanan seperti brosur, katalog, poster, majalah, logo (brand identity), undangan, dan sebagainya. Biasanya, suasana kerja di creative studio sangatlah casual alias tidak formal. Namun bagi kamu yang memiliki jiwa wirausaha, membuka studio desain sendiri juga nampaknya merupakan pilihan yang tepat.

Perusahaan Umum

Siapa bilang desainer grafis tidak bisa bekerja di perusahaan umum? Salah besar! Kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang tidak berkaitan dengan dunia kreatif, misalnya perusahaan makanan, otomotif, kosmetik, rumah sakit, bahkan bank dan yang lainnya. Yang dikerjakan tetaplah sama, yaitu mempersiapkan dan membuat desain-desain untuk keperluan promosi yang sifatnya internal, maksudnya yang merupakan kepentingan lembaga itu sendiri.

Percetakan

Setiap percetakan pasti membutuhkan tenaga desain grafis untuk merancang desain brosur, undangan, kartu nama, kop surat, dan sejenisnya. Jenis-jenis percetakan itu sendiri bermacam-macam, ada percetakan offset, digital printing atau cetak sablon. Jika bekerja di digital printing, kamu tak hanya harus jago mendesain lewat komputer, tapi juga harus bisa mengoperasikan mesin cetak digital. Lalu untuk sablon biasanya dikerjakan oleh alat.

Penerbit

Jika kamu bekerja di penerbit untuk mendesain layout buku ataupun media cetak lainnya, kamu harus pintar memilih jenis huruf (font) yang pas agar tulisan mudah dibaca dan menata paragraf yang menarik agar orang tidak cepat lelah membaca. Selain itu, kamu dituntut untuk bisa merancang desain cover atau sampul buku yang unik dan menarik.


Itulah beberapa prospek kerja dibidang desain grafis yang mungkin bisa Anda pilih salah satunya. Sangat cemerlang bukan, prospek kerja desain grafis diatas? So, mau belajar lebih detail tentang desain grafis atau membutuhkan jasa desainnya? silahkan kunjungi www.skystrdigital.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar