Senin, 05 Juni 2017

Tips Menjadi Kartunis yang Sukses, Berani Coba?


Sebagai bagian dari desain grafis, karikatur dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia kartun tidak bisa dipisahkan kehadirannya saat ini. Bukan hanya sebagai penuang ide saja, namun juga dunia kartunis sudah menjadi passion yang berkembang pesat dan dibutuhkan banyak perusahaan saat ini.



Menjadi seorang kartunis merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Selain dapat menuangkan ide dan kreatifitas dalam rangkaian cerita yang berurut, kartunis juga dapat membuat alur cerita sesuai yang diinginkan beserta dengan pengembangan karakter tokoh yang mereka ciptakan sendiri.

Lantas jika sudah memiliki keahlian, apa lagi tipsnya agar bisa menjadi seorang kartunis yang sukses? Berikut akan kita bahas bersama.


Perdalam Keahlian

Dilansir situs jasa desain company profile, kartunis sangatlah banyak ruang lingkupnya, ada yang hanya menggambar untuk pesanan karikatur, ilustrasi, ataupun kartun yang akan digunakan secara terus – menerus. Jika anda sudah menyadari bakat dan hobi anda dalam bidang ini, jangan mudah menyerah jika mengalami kesulitan atau belum banyak pesanan, apalagi bagi para pemula. Keahlian yang terus diasah akan menyebabkan kreatifitas yang semakin terasah, dan akan semakin menaikkan reputasi anda dengan sendirinya.

Publikasikan Hasil Karya Anda

Setelah anda merasa memiliki cukup banyak karya yang hasilnya lumayan memuaskan, bahkan mendapat pujian dari orang – orang terdekat, tidak ada salahnya untuk mulai ‘menjemput bola’. Anda dapat memulainya dengan membuat sebuah website untuk hasil – hasil karya anda. Selain itu, hasil karya anda juga dapat anda tawarkan pada studio produksi. Bisa saja mereka juga sedang mencari talenta baru dan itu adalah anda!

Terbuka Akan Dunia Luar

Pekerjaan kartunis yang identik dengan menggambar tidak melulu harus berada dibalik meja dan di dalam ruangan. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendapat ide. Sekedar pergi keluar untuk mendengarkan percakapan orang – orang dalam bis umum ataupun kereta, bisa memunculkan inspirasi yang baru. Anda juga tidak boleh menjadi teknophobia, orang yang takut akan perkembangan teknologi. Jika anda bisa memanfaatkan program – program baru dengan teknologi yang lebih canggih, mengapa tidak?

Jangan Tolak Pekerjaan

Mungkin ini akan lebih cocok untuk diterapkan bagi para pemula di pekerjaan ini. Jangan pernah tolak tawaran pekerjaan yang datang, walaupun bayarannya kecil atau bahkan tidak dibayar. Tanpa disadari, dengan mengerjakan pekerjaan tersebut, anda sudah berlatih untuk mengasah kemampuan dan menghasilkan karya yang lebih bervariasi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan agar bisa menjadi seorang kartunis yang sukses. Selain tips diatas, join dengan komunitas juga bisa menjadi cara lainnya untuk menyempurnakan kemampuan Anda dibidang kartunis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar