Selasa, 04 April 2017

6 Perusahaan Yang Meraih Sukses Besar Setelah Mengganti Namanya


Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis atau usaha adalah nama. Sebuah nama yang baik dan mudah diingat akan sangat membantu perusahaan dalam kemudahan branding. Dengan fakta inilah, pemilihan nama pada sebuah brand menjadi krusial karena memegang peranan penting dalam pertumbuhan nantinya.



Dalam sejarah dunia bisnis, banyak perusahaan besar yang mengubah nama karena berbagai alasan, namun akhirnya menjadi sukses besar dengan nama barunya tersebut. Mungkin beberapa diantara akan familiar dengan nama brand ini dan tidak menyangka bahwa sejatinya nama yang sekarang adalah sebuah gebrakan dan bukan nama original.

Apa saja namanya, berikut adalah beberapa perusahaan besar yang sempat mengubah nama dan menjadi sukses yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.


1. Apple Computer menjadi Apple, Inc.

Perusahaan teknologi ternama ini diciptakan pada tahun 1976, awalnya diberi nama Apple Computers, pendirinya adalah Steve Jobs, Ronald Wayne dan Steve Wozniak. Namun pada tahun 2007, Steve Jobs mengumumkan bahwa perusahaan itu membuang kata “Computers” dari namanya agar bisa menggambarkan bahwa mereka sudah tidak lagi terpaku pada bisnis komputer saja. Hal tersebut benar adanya, akhirnya kini mereka mengembangkan berbagai perangkat elektronik seperti Apple TV, iPhone, iPod, iPad, iMac dan lainnya.

2. Nike Awalnya Bernama Blue Ribbon

Jika Anda penyuka perlengkapan olahraga, tentu sudah tidak asing dengan nama Nike yang memiliki logo seperti tanda ceklis tersebut. Namun tahukah Anda bahwa Nike dulunya bernama Blue Ribbon Sports, dan itu adalah sebuah nama distributor bagi pabrik sepatu asal Jepang, Onitsuka Tiger.

Perusahaan tersebut akhirnya mengakuisisinya dengan nilai 1200 dollar, dan namanya pun diganti menjadi Nike. Nama tersebut kabarnya diambil dari nama seorang dewi kemenangan dalam legenda Yunani.

3. Google Awalnya Bernama BackRub

Pada tahun 1996, diciptakan sebuah web search engine terbesar pada masa itu, diberi nama BackRub. Penciptanya yang tentu sudah Anda kenal yaitu Larry Page dan Sergey Brin ternyata memutuskan untuk mengganti nama ciptaannya tersebut menjadi Google dua tahun kemudian. Dilansir situs jasa web profile, nama Google sendiri berasal dari kata “googol”, yaitu sebuah istilah matematika untuk nomor yang mewakili nemeral 1 diikuti 100 angka nol.

4. Blackberry Awalnya adalah Research in Motion

Research in Motion awalnya didirikan pada tahun 1984, mereka adalah pengembang teknologi data nirkabel terkemuka di Amerika Utara. Namun pada bulan Januari 2013 mereka mengumumkan pergantian nama menjadi “Blackberry”, kini kita kenal sebagai merek perangkat smartphone ternama di dunia. Meskipun tidak sedigdaya saat pertama kali di perkenalkan ke publik, namun jika berbicara tentang revolusi smartphone, Blackberry tidak bisa dianggap remeh dan menjadi salah satu yang kita kenal hingga saat ini.

5. Firefox Dulu Bernama FireBird

Web browser yang sangat terkanal dengan ikon rubah api itu kita kenal dengan nama Mozilla Firefox, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa dulu namanya adalah FireBird. Pihak perusahaan akhirnya mengganti nama tersebut menjadi Firefox supaya lebih mudah untuk diingat oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

6. Facebook Dulu Bernama TheFacebook

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial nomor satu di dunia saat ini, miliaran orang menggunakannnya. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini pada awalnya diberi nama TheFacebook, dan itu menjadi nama domainnya “thefacebook.com”.

Namun pada tahun 2005, perusahaan ini mengubah namanya menjadi lebih sederhana dengan menghilangkan kata ‘the’ sehingga menjadi Facebook saja. Ternyata nama domain facebook.com sudah lebih dahulu dimiliki oleh orang lain, sehingga perusahaan harus merogoh kocek hingga US$ 200.000 untuk bisa menebusnya, dan jadilah kini Facebook yang kita kenal dengan kesuksesannnya sebagai jejaring sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar