Selasa, 18 April 2017

Ingin Belajar Merancang Sebuah Font? Ikuti Dulu Tips Ini


Jika berbicara tentang hal yang selalu menarik dalam sebuah grafis, maka font tidak bisa dipisahkan dari hal tersebut. Font bisa menjadi penyeimbang dalam grafis dan juga elemen ini menjadi media dalam memperkenalka grafis dalam kata-kata.



Saat ini, tersedia banyak font yang siap dipakai untuk keperluan grafis Anda. Namun, yang makin terasa spesial, saat ini desainer grafis pun banyak yang menggunakan dan merancang font nya sendiri agar terlihat berbeda dari grafis yang lainnya.

Mungkin Anda sendiri kini tertarik menggunakan font yang dirancang sendiri. Untuk mempelajari bagaimana cara belajar merancang sebuah font unik tentunya dengan style sendiri baik untuk kepentingan membuat logo, branding atau lainnya yang mempunyai ciri khas unik tentunya kita harus mengetahui dasar-dasar font terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan dasar-dasar jenis font yang paling umum dilansir situs jasa web profile yang bisa menjadi patokan Anda dalam merancang font.


1. Font Serif

Font serif mempunyai ciri kaki/kait di ujung garis yang membentuk huruf. Font ini sangat sering digunakan bukan hanya untuk kepentingan komersil semata namun juga untuk hal-hal lainnya. Contoh dari font ini adalah Time News Roman, Palatino, dan Garamond. Font serif lebih bersifat tradisional, elegan dan kuno

2. Font San Serif

Jika font bertipe San Serif cirinya kebalikan dari font Serif dimana tipe font ini tidak mempunyai kaki atau kait. Contoh font San Serif diantaranya ialah Arial, Verdana, Helvetica, Tahoma. Sifat font San Serif memberi kesan modern dan bersih

3. Font Script

Font berjenis script seperti tulisan tegak bersambung atau biasanya disebut font tulisan tangan
(handwriting ) sifatnya keindahan, keanggunan, personal. Contohnya font Freestyle Script, French Script

4. Font Dekoratif

Font dekoratif yaitu font yang dirancang bebas tidak terikat kepada ketiga jenis font diatas, biasanya untuk keparluan logo dan lainnya. Contohnya adalah Candy INC, Angel Tears

Itulah dasar jenis font yang perlu diketahui, walaupun masih banyak jenis dan type font lain, tapi pada intinya merupakan pengembangan dari dasar type font di atas. Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk Anda yang selalu tergila-gila dalam hal font.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar