Senin, 24 April 2017

Tutorial Photoshop : Bagaimana Membuat Efek Kartun Yang Sederhana


Dunia desain grafis memang menyimpan sejuta keindahan. Banyak trik dan efek yang bisa ita ciptakan saat jari-jari sudah berkutat dalam software graphic design. Efek-efek ini muncul bukan hanya dari softwarenya saja, namun juga dari ide dan kreativitas para desainer yang semakin mengerti bagaimana menciptakan sebuah grafis tanpa rasa monoton di dalamnya.



Salah satu efek yang bisa kita buat adalah efek kartun. Meskipun terlihat sangat kekanak-kanakan, akan tetapi efek ini banyak disukai semua orang, terlebih mereka yang memang memiliki segmentasi pasar dalam dunia grafis dibawah usia 17 tahun.

Dilansir situs jasa web profile, efek kartun memberikan keindahan tersendiri dalam penerapannya dimana keindahannya terletak pada struktur gambarnya yang sedikit menyerupai kanvas dalam lukisan yang dibuat oleh tangan manusia. Inilah alasan mengapa efek yang satu ini masih bisa diaplikasikan dalam beberapa grafis hingga saat ini.

Berbicara tentang efek kartun, maka software photoshop sangat erat kaitannya dengan efek ini karena pada software inilah efek kartun bisa diaplikasikan oleh Anda yang ingin menampilkan sedikit efek keindahan didalamnya. Bagaimana caranya? simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah 1

Buka images yang akan anda edit bisa ke file – open  (CTRL-O), contoh saya menggunakan gambar meeoonngg hehe, setelah gambar ada pada workspace anda kemudian duplikat layer background, dengan cara klik layer background kemudian tekan CTRL+J di keyboard untuk duplikat.



Langkah 2

Pilih filter artistic – poster edges, dan beri nilai edge thickness = 10, edge intensity = 4, posterization = 0 lalu ok.



Langkah 3

Selanjutnya kembali ke filter – artistic –film grain, atur grain = 0, highlight area = 8, intensity = 4, dan klik ok.



Langkah 4

Kemudian kembali ke filter – artistic – cotout, dengan nilai number of levels = 8, edge simplicity = 2, edge fidelity = 3, klik ok.



Dan hasilnya bisa Anda lihat seperti gambar dibawah ini. Mudah, bukan? Dengan langkah-langkah diatas, Anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak menerapkan efek ini dalam salah satu grafis yang Anda buat, karena efek kartun bukan hanya memiliki nilai seni tersendiri tetapi juga disukai semua orang karena karakteristik gambarnya yang fun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar