Kamis, 13 April 2017

Cara Sukses Berkarir Sebagai Desainer Grafis Bagi Fresh Graduate


Jika berbicara tentang pekerjaan apa saja yang bisa dijalani oleh fresh graduate maka jawabannya adalah banyaaaakkk. Meskipun masih berstatus sebagai 'Fresh' akan tetapi pekerjaan untuk mereka sudah banyak menunggu tergantung bagaimana passion kita berbicara.



Berbicara tentang passion, sebagai seorang fresh graduate pastinya Anda memiliki ketertarikan dalam membuat sebuah desain grafis. Jika ya, maka pekerjaan sebagai seorang desainer grafis bisa menjadi pilihan Anda. Tetapi, bagaimanakah para freshgraduate ini bisa bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman? Hal-hal dibawah ini layak kamu coba, bahkan bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa.


Bergabung dengan Organisasi Desain

Sudah banyak organisasi desain yang kini bisa dengan mudah Anda temukan. Manfaatkan waktu senggangmu dengan aktif dalam organisasi yang berkaitan dengan pekerjaanmu nantinya supaya Anda bisa mendapatkan inspirasi dan ilmu tambahan supaya memperkaya apa yang akan Anda geluti nantinya. Selain dapat menambah ilmu dan pengalaman kamu, kamu juga berkesempatan untuk kenal dengan orang-orang hebat dalam bidang ini.

Menjadi Volunteer

Jika di daerah Anda sedang dibutuhkan seorang jasa desain grafis atau jasa company profile untuk kepentingan lokal, cobalah mengajukan diri sebagai orang yang akan menghandle tugasnya. Kamu bisa menawarkan jasa untuk mendesain logo, brosur dan semacamnya secara sukarela. Kalau kamu lolos, Proyek-proyek tersebut membuka jalanmu menuju projek desain lain karena bisa jadi ada klien yang tertarik dengan desain tersebut dan akhirnya mengontakmu untuk menawarkan pekerjaan.

Magang

Salah satu keuntungan dari mencoba melamar posisi magang adalah seleksi dan kriterianya tidak sesulit ketika melamar posisi full-time. Kamu bisa belajar banyak hal selama kamu magang dan membiasakan diri dengan kondisi dunia kerja yang sebenarnya. Pelamar yang berpengalaman magang akan menambah nilai plus dimata perusahaan. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan kamu bisa di-hire menjadi ­full-time designer apabila kinerjamu baik pada saat magang.

Perdalam Skill Lain Selain Desain

Dilansir situs jasa web profile, menjadi lulusan desain bukan berarti cukup dengan mengantongi skill desain saja. Skill-skill lain juga penting sebagai penunjang karirmu dalam desain. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan oleh klien & perusahaan saat meng-hire karyawan. Kamu bisa mencoba memperdalam skill fotografi, menulis, atau sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaanmu: desainer grafis.

Tampilkan Portfolio secara Online

Buat para calon klien dan perusahaan aware dengan kreativitasmu dengan menampilkan portfolio secara online. Bukan hanya Facebook dan Twitter saja, tapi kamu harus mempunyai halaman khusus untuk menampilkan karyamu secara online. Kamu bisa coba menggunakan Behance, sebuah situs untuk memamerkan portfolio pekerja kreatif.


Bagaimana, cukup mudah bukan menjalani peran sebagai orang yang menyukai desain grafis meskipun masih berstatus sebagai fresh graduate. Meskipun fresh graduate bukan tidak mungkin Anda bisa bersaing dengan mereka yang sudah profesional asalkan memiliki inspirasi dan inovasi yang bisa direalisasikan kedalam grafis yang dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar