Selasa, 04 April 2017

Data Yang Diketahui Web Browser Tentang Anda


Web Browser adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet. Hampir di setiap komputer yang Anda miliki pastinya memiliki browser bahkan di perangkat mobile, tablet maupun desktop komputer. Dengan adanya browser ini, kita bisa mengakses informasi dari berbagai website, mulai dari berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo hingga Social Media lainnya.



Ada hal menarik yang umumnya kita tidak ketahui tentang Web Browser yaitu berbagai data tentang kita diketahui ternyata bisa diketahui oleh browser tersebut. Terdapat banyak sekali data yang diketahui oleh sebuah web browser, berdasarkan data dari webkay, browser mencatat lokasi, sofware, hardware, sampai koneksi yang kita gunakan.

Data tersebut mungkin saja digunakan web browser untuk berbagai kepentingan mereka, seperti mengetahui jumlah pengguna web browser mereka dari setiap negara bahkan kota. Berikut mari kita kenali lebih detail tentang data apa saja yang dicatat oleh browser tersebut.


Lokasi

Web browser mencatat lokasi tempat kita berada, mulai dari titik kordinat longitude & latitude, lokasi rumah, bahasa yang digunakan, hingga waktu tempat kita berada. Sungguh canggih, bukan?

Software

Web browser juga mengetahui software yang Anda gunakan, seperti sistem operasi yang digunakan, browser hingga plugin yang aktif di browser tersebut juga ketahuan.

Sosial Media

Browser juga mengetahui Anda sedang menggunakan sosial media apa saja, bahkan apakah Anda sedang login atau tidak juga diketahui oleh browser. Selain itu berdasarkan data dari Webkay yag dilansir situs jasa company profile, web browser juga mengetahui Click jacking (Penyalahgunaan Akun Google Anda untuk mengungkapkan identitas Anda), gyroscope, scanning network dan juga meta data dari sebuah gambar yang Anda unggah.

Koneksi Internet

Web browser juga mengetahui koneksi internet yang digunakan, mulai dari alamat IP lokal, IP publik, service provider hingga kecepatan download internet yang Anda gunakan.

Hardware

Web browser juga mengetahui hardware yang digunakan oleh perangkat tersebut, seperti CPU, GPU, Baterai laptop tinggal berapa, berapa lama lagi habis baterai nya, hingga browser juga tau baterainya sedang di charge atau tidak.

See, banyak bukan data yang diketahui dan dicatat oleh web browser tentang Anda. Apa sebenarnya maksud dari semua ini? Point utamanya ialah informasi-informasi diatas bisa dijadikan acuan dalam mengenal tentang Anda dan mencatat kapan Anda aktif di internet karena bisa saja pihak yang bertanggung jawab menggunakannya disaat keadaan genting atau saat kondisi Anda tidak memungkinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar