Minggu, 25 Desember 2016

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mendesain Logo


Terkadang kita menginginkan sesuatu yang sempurna, tidak terkecuali saat mendesain Logo. Logo bisa mempresentasikan apa yang kita miliki, termasuk perusahaan atau pekerjaan yang kita kelola.

Dalam mendesain Logo, kita pastinya menginginkan logo yang meaningful, memorable dan timeless. Maka dari itu, sebisa mungkin Logo yang dibuat oleh jasa desain logo secara sempurna dengan menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin malah akan membuat Logo menjadi kurang sempurna di mata semua orang.


Tentu Anda tidak ingin memiliki Logo yang biasa-biasa saja kan? Maka dari itu, ketahui 5 kesalahan dalam membuat Logo berikut ini.

1. Jangan Menggunakan Font Script Untuk Menulis Huruf Kapital

Umumnya, huruf kapital pada font script dirancang untuk awal kata saja, begitu juga dengan huruf handwriting. Anda diperbolehkan jika menggunakan huruf kapital sebagai letter mark, tetapi ketika font script ditampilkan sejajar dalam huruf kapital semua maka hasilnya akan mengerikan.

2. Jangan Membuat Logo di Photoshop

Photoshop difungsikan untuk mengolah gambar bitmap atau foto, sedangkan logo harus dibuat dalam format vektor. Kenapa? Karena format ini sangat fleksibel, tidak mengalami reduksi ketika dilakukan pembesaran tanpa batasan maksimal ataupun untuk dilakukan pengeditan di kemudian hari bisa lebih mudah. Selain itu, format vektor juga ukurannya relatif lebih kecil.

3. Jangan Menggunakan Filter Efek Khusus Yang Berlebihan

Filter dalam sebuah logo atau gambar sangat diperlukan. Filter efek seperti bayangan, cahaya, glow atau flare akan semakin membuat Logo terlihat semakin menarik. Tetapi, jika filter efek digunakan terlalu berlebihan maka akan menimbulkan becana.

Efek berlebih dalam sebuah logo hanya akan membuat Logo terlihat mengerikan dan kurang memiliki nilai artistiknya. Bolehlah jika Anda ingin bereksperimen dengan efek2 khusus sebagai versi 3D, jadikan itu pekerjaan kedua setelah basic logo sudah final.

4. Jangan Menjiplak Gambar Yang Sudah Ada

Tingkat originalitas dalam sebuah logo sangat diperlukan. Original dan memiliki identitas sendiri akan membuat Logo terlihat memorable dan berbeda dengan Logo yang sudah ada.

Ketika Anda ingin membuat logo untuk perusahaan makanan misalnya, Google boleh dijadikan referensi tetapi hanya sebagai acuan saja, hindari meng-copy paste logo yang sudah ada hak ciptanya. Lebih baik membuat yang belum ada daripada menjiplak dari apa yang sudah ada.

5. Jangan Mencampur Warna RGB Dan CMYK

Illustrator versi baru mengijinkan Anda mencampur warna RGB dan CMYK dalam satu halaman.  Ini mungkin fitur menarik, tapi berhati-hatilah ketika membuat sebuah logo, apalagi logo yang akan mengalami proses pencetakan/printing.

Percampuran warna dari CMYK ke RGB atau sebaliknya tidak bisa mengkonversi otomatis dari satu palet ke palet yang lain.  Lebih bijaksana jika Anda menggunakan satu palet warna untuk satu pekerjaan,  CMYK untuk proses pencetakan dan RGB untuk tampilan di monitor atau website.

Itulah beberapa kesalahan yang selalu ada dalam hal pembuatan logo. Hindari kesalahan-kesalahan ini, untuk meminimalisir Logo yang di buat mengalami ketidaksempurnaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar