Minggu, 25 Desember 2016

Ilustrasi. Visual Yang Kuat dan Memikat Mata



Ilustrasi merupakan sebuah bentuk atau gambar yang bertujuan memberikan informasi yang mewakili pesan atau cerita. Sebuah ilustrasi dapat dikaitkan sebagai 'wajah' dari keseluruhan tubuh pesan yang akan kita sampaikan.

Dalam media grafis, iklan dan jasa desain logo, ilustrasi mempunyai kriteria yang khusus dan mampu memberikan kesan yang kuat dan dapat membawa pembaca kepada tujuan utama dari sebuah penawaran.


Dalam Desain komunikasi visual, ilustrasi akan mengikat perhatian dengan cara yang tentunya menyenangkan, menjanjikan dan memiliki unsur eye catcher pada desain tersebut.

Ilustrasi secara luas tidak terbatas pada gambar dan foto, ia dapat berupa garis, bidang, dan bahkan susunan huruf. Untuk mendapatkan sebuah ilustrasi yang memnuhi kriteria, baiknya para ilustrator harus memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Komunikatif dan Informatif

Jika dibandingkan dengan ilustriasi yang rumit, ilustrasi yang komunikatif dan informatif akan lebih mudah dipahami dengan menggambarkan suatu bentuk yang terfokus kepada penyampaian pesan.

2. Impressive

Impressive disini merupakan gambaran sebuah ilustrasi yang menggugah perasaan dan hasrt untuk membaca dan melihat ilustriasi yang kita buat. Ketertarikan seseorang terhadap sebuah gambar tentunya disesuaikan karakter target konsumen. Sebuah ilustrasi makanan yang terlihat basah dan berminyak akan disukai konsumen pada flyer makanan tradisional dibanding makanan fast food.

3. Eye Catching

Visual ilustrasi yang eye catching perlu kekuatan yang padat, fokus dan tidak terpecah. Maka dari itu, perlu diperhatikan setiap detail dan warna yang dipilih agar menjadi pusat perhatian dan lebih bisa menonjol jika dibandingkan dengan visual yang lain diluar bentuk yang kita buat.



4. Kualitas dari Aspek Seni

Kualitas seni merupakan hasil pikiran yang cerdas dan berpengalaman. kualitas ini dihasilkan oleh nilai-pandangan yang tinggi dari imaginasi designer. kualitas image pun jadi perhatian khusus dalam hal ketajaman resolusi dan kejernihan gambar, tidak kotor atau adanya bentuk-bentuk kecil dalam photo yang tidak perlu tampil dalam gambar.

Bentuk yang tidak ‘Clean’ dari sebuah ilustrasi memberikan kesan gambaran sebuah pekerjaan atau usaha yang ‘complicated’.

5. Menjelaskan Setiap Detail

Komunikatif adalah salah satu keunggulan yang harus dimiliki oleh ilustrasi. Ilustrasi harus menggambarkan karakter produk, tujuan utama pesan dan mewakili kekuatan perusahaan yang menampilkannya. ini adalah syarat utama yang harus dipenuhi, tampilan gambar akan dinilai dan dirasakan langsung oleh pembaca dan akan dipahami sebagai suatu produk yang bisa dipercaya.

6. Penyampaian Pesan

Ilustrasi adalah hal paling pertama yang dilihat pembaca, karna porsi yang lebih besar dalam layout design, ini memberikan kesempatan untuk mengklaim pentingnya pesan dan kekuatan produk yang ditawarkan. Walaupun headline dianggap sebagai ‘suara‘ yang berbicara kuat dan jelas, namun kekuatannya akan bertambah besar dengan hadirnya ilustrasi.

Itulah sedikit informasi tentang ilustrasi dan juga kriteria - kriterianya dalam pembuatannya. Penting di perhatikan kriteria-kriteria ini, khususnya untuk Anda yang memang sedang menekuni dunia grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar