Senin, 26 Desember 2016

Istilah-istilah Dalam Dunia Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui


Dunia Desian Grafis semakin menyenangkan, profesi ini kian marak di cari dan digeluti karena begitu banyaknya kesenangan dan kreativitas di dalamnya.

Desain Grafis juga tidak lepas dari hal-hal unik yang terkadang sangat menggelitik, salah satu diantaranya ialah Desain Grafis memiliki banyak sekali istilah-istilah atau singkatan yang mungkin tidak sebagian orang tau.


Ya, istilah-istilah ini hanya di mengerti oleh para desainer (sebutan untuk mereka yang berkecimpung di dunia grafis) saja dan tidak jarang kurang familiar karena hanya berisikan istilahg dan singkatan saja.

Anda yang sedang bergelut di dunia jasa desain company profile pasti penasaran apa saja istilah-istilah unik dalam dunia Desain Grafis ini? Simak informasinya di bawah ini.

1. Raster

Raster atau gambar raster tapi terkadang juga disebut gambar bitmap adalah gambar yang terbentuk dari kumpulan pixel atau titik yang tersusun menjadi warna dan bentuk tertentu.

Contoh gambar dari Raster sendiri adalah foto. Photoshop adalah salah satu raster editor yang paling familiar, dengan program ini Anda bisa memanipulasi warna dan merubah sifat pikselnya.

2. CMYK

CMYK adalah sebuah singkatan dari Cyan Magenta Yellow Black adalah warna standar desain yang akan dikirim ke proses cetak atau printer. Jadi, jika Anda ingin mengirim desain brosur kedalam mesin cetak, gunakanlah pengaturan warnaa ini untuk mendapatkan hasil cetak yang berbeda dari yang terlihat di monitior.



3. DPI dan PPI

Dalam dunia Desain Grafis, Ressolusi terkadang menjadi istilah yang membingungkan. Ada dua singkatan saat kita akan membicarakan tentang resolusi, yaitu DPI dan PPI.

DPI atau Dot Per Inch mengacu pada jumlah titik perinci pada halaman cetak. Secara umum, semakin banyak DPU maka kualitasnya akan semakin baik.

Sedangkan PPI adalah Pixel Per Inch yang mengacu pada jumlah piksel per inci dalam sebuah gambar, jika Anda membesarkan sebuah gambar pada photoshop, maka akan mengurangi jumlah piksel perincinya, artinya kualitas gambar akan menurun.

4. Tipografi

Secara sederhana, Tipografi adalah seni mengatur huruf atau tulisan. Tipografi menjafi salah satu dasar desain grafis yang sangat penting dan setiap desainer harus memahaminya.

Seorang desainer harus tahu Tipografi diantaranya mencakup jenis huruf serif dan sans-serif, pengaturan kerning yang baik, ukuran huruf, dan sebagainya.

Itulah beberapa istilah dalam dunia desain grafis yang perlu Anda ketahui. Masih banyak lagi istilah-istilah yang perlu Anda ketahui. Penasaran? simak di artikel kami selanjutnya.

3 komentar:

  1. Lagi bokek tapi mau bermain slot?

    Dengan minimal Depo hanya 50 ribu
    Anda bisa bermain Slot.


    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola

    Yuk Buruan Gabung Sekarang!
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus