Kamis, 18 Mei 2017

3 Tipe Desan Grafis, Yang Manakah Anda?


Seperti kepribadian seseorang yang bisa di kategorikan, maka begitu juga tentang suatu profesi, ada kalanya antara profesi yang satu dengan yang lainnya berbeda meskipun sekilas terlihat sama. Hal ini juga terjadi pada desain grafis yang kini pembagian atau tipenya bukan hanya satu saja sehingga menjadikannya kian beragam.



Dilansir situs jasa company profile, dari mulai awal 200an hingga sekarang, desain grafis masih diminati banyak orang. Ini terbukti dengan dimasukannya desain grafis sebagai sebuah pembelajaran dan kini desain grafis pun sudah bukan lagi passion semata tetapi juga profesi yang menjajikan.

Dari begitu banyaknya tipe desain grafis, kami sudah merangkumnya menjadi 3 tipe yang bisa di artikan sebagai sebuah proses menjadi desainer grafis, mungkin ada yang melewati 3 tipe ini atau mungkin juga ada yang memilih/nyaman di dalam satu tipe saja. Ok, langsung saja kita akan bahas 3 tipe ini.

1. Visual Based Graphic Designer

Tipe yang ini biasanya adalah tipe yang pemula, yang masih belajar dan bereksperimen dengan visual. Banyak orang yang masuk dalam type ini, termasuk mereka yang masih mengenyam ilmu di bangku kuliah dan belum sepenuhnya mengerti akan desain grafis. Tidak terlalu mementingkan konsep, lebih kepada eksplorasi visual, inilah ciri utama dari type ini. Bisa juga memang pada dasarnya tipe ini kuat di skill visual nya sehingga pada waktu kerja mereka sangat diandalkan untuk merealisasikan konsep/ide kedalam bentuk visual.

2. Concept Based Graphic Designer

Tipe yang kedua ini adalah master mind, namun biasanya kelemahan nya adalah tidak bisa merealisasikan ide mereka dengan bagus (lemah di visual). Dan bisa juga sebagai tahap kedua dalam perkembangan seorang graphic designer, setelah menguasai visual seiring dengan waktu mereka mulai mempelajari pengembangan ide dan konsep, sehingga tidak hanya visual saja yang bagus namun ada makna dan pesan yang di sampaikan melalui karya nya. Jika Anda sudah mulai menyadari konsep visual dan tidak terlalu dipusingkan dengan tema saja, bisa jadi Anda sudah memasuki type ini dan kini sudah bisa memelajari serta paham akan desain grafis secara lebih mendalam.

3. Visual & Concept Based Graphic Designer

Tipe yang terakhir ini yang di idamkan para desainer grafis, dimana dalam cakupannya desain grafis sudah dalam kategori maksimal dengan memiliki konsep bagus, dan visual bagus. Dan ini merupakan tahap pencapaian (bukan yang terakhir, tapi merupakan suatu level tertentu, karena seorang desainer grafis yang sejati adalah yang mengerti tentang bidang lain baik yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan profesi utamanya). Ada juga yang bisa mencapai tahap/tipe ini dari awal, mereka ini memang mempunyai skill visual dan pengembagan ide yang bagus sejak awal.

Itulah 3 tipe desain grafis yang perlu Anda ketahui. So, saatnya Anda bertanya pada diri sendiri, sudah sampai mana Anda mempelajari desain grafis itu sendiri? dan termasuk tipe yang manakah Anda kini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar