Kamis, 04 Mei 2017

Tak Kunjung Mendapatkan Klien? Inilah Cara Menjaringnya!


Rasa kecewa pasti pernah muncul, ketika mengunjungi portal pekerjaan freelance, lalu tak mendapatkan satu pun klien yang tertarik pada jasa Anda. Bukan hanya kesal karena menyadari Anda “layak” dipertimbangkan, melainkan karena Anda tahu: tak ada cara memanipulasi sistem portal, kecuali menunggu dan menunggu.



Tak bisa diingkari, adanya sistem portal juga kerap menghambat para freelancer untuk bergerak maju. Apalagi, jika mengetahui, telah ada banyak orang yang bersedia memasang tarif rendah (untuk pekerjaan yang besar), hanya demi menarik perhatian klien. Namun, haruskah Anda ikut merendahkan tarif? Bagaimana cara menjaring klien tanpa harus menurunkan standar? Berikut adalah lima caranya!

1. Jangan Hanya Berpromosi, Tunjukkan Kemampuan Anda

Tak perlu mempromosikan seberapa berkualitasnya jasa Anda; atau seberapa multitasking-nya Anda. Tunjukkan itu dengan tindakan. Caranya, bisa dengan menciptakan sebuah platform yang mampu mewadahi seluruh hasil kerja Anda. Adapun platform yang dimaksud bisa berupa blog, situs pribadi, atau melampirkan portofolio pekerjaan-pekerjaan terdahulu dan testimoninya.


2. Pahami Seni Mematok Harga

Jangan pernah berpikir, menurunkan harga mampu menyingkirkan banyak pesaing. Tentu saja, di samping harga, sesungguhnya ada banyak faktor yang menentukan seberapa baik kualitas pekerjaan Anda. Harga yang terlalu rendah hanya akan membuat calon klien berpikir, Anda tidak memiliki kualitas tinggi.

3. Ambil Pekerjaan Semampunya

Ketahui dengan pasti siapa klien ideal sejak dini, dan mulailah menerima penawaran hanya dari orang-orang yang Anda anggap cocok. Pasalnya, beberapa penawaran bisa jadi justru menghancurkan karier Anda, sebab “membuang-buang” banyak waktu, dan bukannya mempermudah pekerjaan Anda.

4. Jadilah Unik dan Profesional

Dilansir situs jasa company profile, Anda yang kini sedang menjalani peran sebagai seorang freelance juga jangan lupa untuk tetap menjadi unik. Ciptakan sesuatu yang berbeda dari para pesaing lainnya. Bukan hanya menambah nilai plus, hal ini juga bisa membuat layanan atau jasa yang Anda tawarkan mudah diingat orang. Selain itu, meskipun Anda freelance tetapi baiknya bersikaplah secara profesional mulai dari cara kerja, penampilan hingga sikap Anda didepan klien.

Bagaimana, tips diatas sangat bagus bukan dan pastinya mudah Anda terapkan khususnya Anda yang memang saat ini sedang menjalani freelance dibidang desain grafis.Sudah mencoba namun tak kunjung mendapatkan klien? Bisa jadi, kesalahan bukan terletak pada cara Anda, melainkan pada produk, kinerja dan service Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar