Rabu, 03 Mei 2017

Mendesain Bukanlah Sekedar Tentang Uang dan Popularitas


Ada pepatah mengatakan bahwa "desain grafis itu bukanlah desain gratis." Memang, desain grafis haruslah diapresiasi dan hilangkan persepsi bahwa desain gratis itu tidak memiliki harga karena semua pemikiran yang muncul dalam sebuah grafis sederhana saja memiliki ide dan kreativitas di dalamnya. Namun, apakah desain grafis harus selalu berhubungan dengan uang?



Perlu diketahui bahwa mendesain itu bukan sekedar tentang uang saja, ini tentang seni dan tidak ada hubungannya dengan uang. Jangan mengharapkan uang dari hasil karya Anda, tapi  harapkan lah apresiasi dari orang-orang yang melihat desain anda, karena uang akan datang dengan otomatis jika karya anda diapresiasi oleh banyak orang.

Kita bisa bercermin dari desainer grafis professional yang sudah terlebih dahulu sukses, mereka bahkan dengan senang hati membagikan karya mereka secara GRATIS. Kenapa? ini dikarenakan mereka tidak merasakan keriguan saat membagikan karyanya kepada orang lain bahkan jika tidak dibayar sekalipun.

Dibalik itu semua, desain grafis yang dibagikan secara gratis ternyata memiliki keuntungan yang mungkin tidak terkira, diantaranya.

Pertama, membantu orang lain yang mempunyai profesi sama, sebagai desainer grafis maupun Anda yang bergelut dalam jasa web profile janganlah pelit membagi ilmu kepada orang lain yang masih belajar, persaingan itu hal yang lumrah disetiap profesi. kita juga harusnya berterima kasih pada desainer pendahulu kita yang dengan senang hati membagikan ilmu lewat tutorial dan karya - karya mereka. Bisa di bayangkan jika tidak ada dari mereka yang mau membagi ilmunya maka kita tidak akan bisa menjadi desainer grafis seperti sekarang

Kedua, keuntungan yang bisa di ambil dari membagikan karya anda secara gratis adalah, nama kita menjadi dikenal oleh orang / desainer lain, hal itu tentu sangat menguntungkan kita bisa terhindar dari tuduhan plagiat dan yang paling menguntungkan adalah besar kemungkinan ada calon klien potensial yang melihat karya anda dan ingin mempekerjakan anda.

Memang setiap profesi pekerjaan bertujuan untuk mendapatkan uang, tapi tidak seperti ini juga caranya, paradigma ini secara tidak sengaja mendoktrin pemikiran dan memicu perdebatan dari beberapa orang tentang apa yang kita lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar