Rabu, 10 Mei 2017

Percaya atau Tidak, 5 Jenis Musik Ini Dapat Meningkatkan Produktivitas Anda


Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Tampaknya hampir tidak ada. Musik, selain dapat menenangkan pikiran, ternyata juga memiliki manfaat besar lainnya yang berhubungan dengan otak dan ide tidak terkecuali juga meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan.



Sejumlah eksperimen untuk membuktikan kaitan antara musik dan produktivitas kerja pun sudah berkali-kali dilakukan. Hasilnya, orang-orang yang mendengarkan musik sambil melakukan pekerjaan tertentu cenderung lebih fokus dalam melakukan tugasnya sehingga berimbas terhadap penyelesaian pekerjaan yang tepat waktu.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa jenis aliran musik yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar lagu untuk didengarkan saat bekerja. Apa saja jenis musik tersebut? check this out!


1. Musik Klasik

Anggapan yang menyatakan bahwa musik klasik berpengaruh terhadap perkembangan otak manusia tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan istilah Mozart Effect. Anggapan tersebut pun dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada 1993. Para partisipan dalam penelitian tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok yang mana kelompok pertama mendengarkan Mozart, sedangkan kelompok kedua diberi musik-musik santai, dan kelompok ketiga tidak diperdengarkan musik apapun. Hasilnya, kelompok Mozart memperoleh peningkatan poin IQ dibanding dua kelompok lainnya.

2. Suara-suara Alam

Selain musik klasik, mendengarkan suara-suara alam seperti suara air atau kicauan burung juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain meningkatkan konsentrasi, suara alam juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak seseorang serta kecepatan dalam memutuskan suatu pilihan. Dilansir situs jasa web profile, hal tersebut disebabkan suara-suara yang berasal dari alam cenderung mampu memberikan efek yang menenangkan dan mampu membuat pikiran menjadi rileks karena secara tidak langsung suara-suara tersebut seakan membuat ilustrasi alam sangat nyata di pikiran kita.

3. Musik dari Video Game

Tahukah Anda bahwa musik dalam video game dinilai efektif untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja? Tentunya hal tersebut terdengar masuk akal sebab ketika bermain game, kita dituntut untuk fokus dalam menyelesaikan berbagai misi dan tantangan. Karena alasan itulah para pembuat video game selalu memilih musik memilih musik-musik yang dapat mengiringi alur permainan.

4. Lagu dengan Lirik Positif'

Jika Anda merasa stres karena harus menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin, mendengarkan lagu-lagu sedih bukanlah pilihan yang tepat. Pilihlah lagu-lagu dengan irama menyenangkan dan lirik yang positif untuk mengubah suasana hati yang tadinya kacau, menjadi lebih bersemangat. Ada banyak lagu dengan lirik postif dan ini bisa menjadi sebuah cambuk bagi Anda agar tetap semangat dalam menjalani setiap pekerjaan yang ada di hadapan Anda.

5. Musik Instrumental

Peneliti dari Middle Tennessee State University mengungkapkan bahwa siswa-siswa yang mendengarkan musik instrumental saat mengerjakan ujian terbukti mendapatkan nilai yang lebih tinggi mereka yang mendengarkan lagu-lagu yang memiliki lirik. Hal tersebut tentunya bergantung pada selera dan efek langsung yang dirasakan oleh setiap individu. Musik instrumental ini cocok didengarkan oleh Anda yang merasa lagu-lagu berlirik akan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.


Itulah beberapa jenis-jenis musik yang bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan Anda yang mungkin bisa sekaligus menginspirasi Anda. Lagu-lagu yang menjadi favorit juga jauh lebih ampuh dalam mengiringi seseorang dalam bekerja sebab lagu-lagu tersebut dapat memberikan atmosfir nyaman yang biasa mereka dapatkan di waktu senggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar