Senin, 15 Mei 2017

Desain Web Terbaik, Apa Saja yang Harus Dipenuhi?


Web desain adalah hal yang tidak mudah dilakukan maupun dipahami oleh sebagian orang karena dalam prosesnya saja melibatkan terciptanya desain yang indah tetapi juga mudah digunakan. Web desain bisa dikatakan sebagai gabungan kemampuan teknis dan tampilan yang harmonis, itulah mengapa saat dibuat dibutuhkan keselarasan pada banyak aspek agar terciptanya desain website yang sempurna.



Begitu banyaknya aspek yang harus dikuasi membuat belajar web desain yang mungkin belum bisa dipelajari secara sepenuhnya di bangku sekolah / kursus. Sebagian besar web desainer belajar secara otodidak, karena untuk membuat web desain terbaik diperlukan pengalaman dan kemauan untuk terus mencoba dan berinovasi.

Pada kesempatan ini, kita akan selami tentang prisip-prinsip yang mendasari sebuah desain website yang mana harus mempunyai tampilan yang baik, sebagai berikut:


Keseimbangan

Seimbang disini dapat diartikan dengan membuat desain tidak berat sebelah baik itu secara simetris maupun asimetris. Agar desain seimbang, anda bisa menggunakan gambar dan warna yang jelas pada media yang akan dipakai, tentu saja komposisinya harus seimbang karena jika tidak maka website hanya akan menghasilkan media datar tanpa keindahan dan seni di dalamnya.

Gunakanlah Grid atau Kolom

Grid atau kolom bertujuan agar desain terlihat rapi dan sejajar (horizontal / vertikal) sehingga desain mudah dipahami dan membantu desainer untuk membuat desain yang seimbang. Grid / Kolom meningkatkan kemudahan bagi pengunjung untuk membaca dan memahami informasi. Dengan jarak pemisah yang baik membuat nyaman mata untuk menikmati desain yang ada.

Tipografi

Tipografi atau dikenal juga dengan Typography merupakan keahlian untuk menyusun huruf atau kata menjadi sesuatu yang indah dan mudah dipahami. Hal ini meliputi type, ukuran, style dan warna font yang digunakan, jarak antar kata dll. Jika Anda memang ingin desain website tampak lebih menarik, tidak ada salahnya untuk memasukan Tipografi ini sebagai salah satu elemen didalamnya. Tidak hanya indah, namun Tipografi juga bagian dari seni yang tidak semua orang bisa membuatnya.

Berikan Ruang Kosong

Ruang kosong antar komponen desain atau biasa disebut white space harus selalu ada dalam website. Fungsinya untuk memberikan ruang bernafas dan kenyamanan bagi mata untuk menikmati tiap komponen desain yang ada dalam website itu sendiri. Hal ini juga berguna untuk menghindari kesan penuh pada desain web. Tak hanya tampilan, desain web terbaik harus mampu memberikan kemudahan dalam penggunaannya.

Pilihan Warna yang Pas

Mungkin sudah bukan jamannya lagi melihat desain website di awal tahun 2000-an yang penuh dengan warna seperti pelangi. Seperti dilansir situs jasa web profile, desain saat ini lebih sederhana, memilih warna yang tidak terlalu banyak, lalu menyusunnya dalam sebuah color palette. Ada banyak cara menentukan warna yang baik, tapi yang jelas semua kembali kepada bagaimana kita merasakan warna-warna tersebut saat digunakan bersama dalam satu desain. Sudah pas atau mungkin terlalu kontras atau terlalu redup.

Penggunaan Gambar

Desain web terbaik tidak harus menggunakan gambar yang sangat bagus, akan tetapi jangan menggunakan gambar yang berkualitas buruk karena itu sudah pasti akan membuat desain menjadi jelek. Anda mungkin bukanlah fotografer atau ilustrator yang handal, tetapi bukan berarti tidak bisa menaruh gambar yang bagus di website. Dengan keahlian photoshop sederhana dan beberapa foto dari penyedia stock foto yang sesuai, anda bisa melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar