Senin, 29 Mei 2017

Fakta Dibalik Facebook Ads Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui


Sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia saat ini, Facebook tentu tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya pengguna umum namun juga entrepreneur dan brand yang ingin memperkenalkan bisnisnya. Tidak bisa dipungkiri jika Facebook menjadi tempat para pebisnis mencurahkan semua kemampuan bisnisnya dengan tujuan agar bisnis tersebut memiliki keuntungan.



Dari fakta inilah kemudian layanan periklanan Facebook ads pun muncul dan banyak dipilih dengan alasan kemampuannya yang mencakup pasar lebih luas serta biaya yang relatif terjangkau untuk ukuran sebuah media bisnis. Namun ternyata masih ada beberapa informasi yang mungkin belum kita ketahui terkait Facebook ads itu sendiri. Berikut ulasannya.

1. Facebook Bids Sangat Tergantung Dengan Musim

Musim yang dimaksud disini bukanlah seperti musim panas, atau musim dingin, melainkan masa dimana terjadi event tertentu yang hanya dilakukan pada waktu khusus. Algoritma Facebook dalam menentukan bidding system atau sistem penawaran terhadap harga dari iklan didasarkan dari beberapa faktor. Dan faktor terbesar yang mempengaruhi semakin mahalnya harga impresi iklan yakni ketika semakin banyak yang melakukan penawaran. Oleh karena itu pada beberapa momen seperti momen Natal, Black Friday atau beberapa hari khusus lain, biasanya cost per click dari iklan Facebook akan menanjak naik.

2. Jumlah Teks Dalam Materi Iklan Mempengaruhi Keberhasilan

Hal ini disampaikan langsung oleh Facebook dalam keterangannya bahwa, Facebook lebih mengharapkan materi iklan gambar yang hanya berisi sedikit atau tidak berisi teks sama sekali. Dilansir situs jasa web profile, jenis materi iklan gambar semacam ini akan mendapat kesempatan distribusi yang lebih tinggi, serta harga iklan per impresi yang lebih rendah. Hingga saat ini Facebook sudah mempunyai klasifikasi untuk jumlah teks yang muncul dalam materi iklan gambar. Klasifikasi tersebut dibagi menjadi ok (tepat), low (rendah), medium (sedang) dan high (tinggi).

3. Materi Iklan Perlu Selalu Diperbaharui

Faktanya, hampir keseluruhan tipe kampanye iklan yang ditawarkan Facebook tidak memberikan kontrol bagi para pengiklan untuk mengatur seberapa sering sebuah iklan muncul untuk satu pengguna tertentu. Padahal, bisa dibayangkan jika sebuah iklan secara terus menerus muncul di akun seorang pengguna, bukan tidak mungkin pengguna tersebut akan merasa tidak nyaman bahkan tidak tertarik untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, kita perlu memperbarui materi iklan yang kita miliki, agar nantinya pengguna tidak merasa bosan karena bisa melihat iklan yang terus berganti.

4. Penempatan Iklan Facebook Memerlukan Strategi Yang Berbeda-Beda

Belum lama ini Facebook memberikan pilihan bagi para pengiklannya untuk membuat iklan yang bisa tampil pada beberapa jenis perangkat sekaligus. Namun perlu diketahui ternyata setiap perangkat seperti desktop atau perangkat mobile, membutuhkan strategi penempatan iklan serta perilaku konsumen yang berbeda-beda. Akan lebih baik jika kita membagi kampanye iklan kita yang khusus untuk perangkat tertentu saja.

5. Facebook Menawarkan Opsi Periklanan “Click To Chat”

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ada opsi iklan yang berbentuk click to chat. Meskipun bukan merupakan opsi baru, namun jenis iklan ini tidak banyak diketahui karena tergolong sepi peminat. Sebagai informasi, opsi periklanan ini sangat baik jika kita menerapkan layanan customer service. Ketika pengguna sudah seringkali mengakses situs kita dan ada kemungkinan bagi pengguna tersebut melakukan pembelian atau transaksi, maka jenis iklan ini sangatlah tepat untuk kita manfaatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar