Rabu, 17 Mei 2017

Hati-Hati, Inilah 5 Kegagalan Dunia Maya paling Epic


Era semakin global, teknologi semakin maju. Semakin bertambahnya tahun semakin bertambah pula media sosial, messaging application, email provider, dan lain-lain. Dengan fakta inilah, kegiatan di dunia maya semakin menarik karena pengunjung kian dimanjakan dengan beragam kenyamanan yang bersifat entertaining.



Lantas, bagaimana dengan manusianya? Sudahkan kita mengupdate informasi terbaru seputar perkembangan teknologi? Jawabannya adalah belum tentu. Hasilnya tak jarang pengguna dunia maya terutama media sosial mendatangkan musuh, menghancurkan reputasi mereka, atau bahkan tidak mungkin dipecat gara-gara update status di media sosial. Apakah Anda pernah merasakannya?

Berikut ini kami akan buktikan dengan memberikan Anda beberapa informasi seputar kegagalan paling epic di media sosial yang WAJIB dihindari.


1. Meninggalkan jejak berupa tulisan

Semua orang di dunia ini bahkan mereka yang bekerja sebagai jasa company profile sekalipun pasti pernah berbuat salah karena tidak ada seorangpun manusia yang terlahir bebas dari alpa. Hanya saja, kesalahan itu bisa menghantuimu jika kamu men-‘dokumentasikan’-nya kedalam bentuk tulisan. Mantan presiden PayPal, David Marcus, mengungkapkan amarah dan kekesalannya terhadap karyawan cabang San Jose di email. Celakanya, email itu bocor ke media dan David Marcus mengundurkan diri dari jabatannya.

2. Reply All (Balas ke Semua)

Mungkin ini kegagalan paling klasik dari semua kegagalan di dunia maya. Saat kamu menerima kemudian membalas email, klik dulu tombol “to” (kepada) di emailmu untuk memastikan kepada siapa saja kamu akan mengirim balasan email tersebut. Terlepas dari apapun isinya, mengklik “reply all” bukan langkah bijak apalagi jika konten emailmu “mengkritisi” pihak lain secara negatif. Bisa saja pihak yang kamu “kritisi” itu juga menerima email balasanmu. Bayangkan andaikata si penerima adalah bos atau sahabat karibmu, apa yang kira-kira akan terjadi ya?

3. Bergosip melalui perangkat bersama

Dengan adanya Skype atau Yahoo Messanger, dunia komunikasi memang jadi lebih mudah dan terjangkau. Cukup dengan menginstall, kamu sudah bisa ngobrol dengan semua orang yang punya IDmu. Namun, tingkatkan kewaspadaan jika kamu ber-Skype atau YM-an menggunakan perangkat bersama, misalnya komputer kantor yang bisa diakses oleh orang lain selain dirimu. Belum tentu kerahasiaan yang kamu obrolkan akan tetap terjaga kalau sampai diakses oleh orang lain.

4. Berselancar di dunia maya setengah sadar

Maksudnya, jangan menyentuh dunia maya kalau kamu sedang tidak sepenuhnya sadar alias mabuk! Kondisi mabuk bisa memalukan dan fatal apabila kamu mengakses dunia maya yang bisa diakses banyak orang dan memposting update yang seharusnya tidak kamu posting andaikata kamu sadar.

5. Membongkar rahasia

Mantan wakil presiden bidang teknik HP, Scott McClellan, dengan segala kealpaannya tanpa sadar membongkar rahasia perusahaan di akun LingedIn-nya. Kecerobohan ini mengakhibatkan kompetitor tahu informasi rahasia yang seharusnya hanya diketahui pejabat tinggi perusahaan. McClellan memang tidak dipecat, tapi dia dipindahkan ke Red Hat, perusahaan yang jauh lebih kecil gara-gara blundernya itu. Be social dengan menggunakan media sosial sih boleh saja. Tapi perlu diingat bahwa kompetitormu juga jago menggunakan teknologi dan media sosial ya.


Dengan semakin banyaknya pilihan di dunia maya, kita harus semakin cerdas dan dewasa dalam menggunakannya. Jangan sampai kesalahan diatas dialami oleh kamu hanya karena terlalu senang menggunakan dunia maya sebagai tempat berkreasi dan melupakan hal-hal penting yang bisa membahayakan diri dan kredibilitas Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar