Jumat, 26 Mei 2017

Bagaimanakah Cara Menarik Pembaca Dan Membuat Mereka Betah Di Blog Anda?


Ada satu masalah yang umum dialami blogger pemula, yakni sepi pembaca. Bisa dipahami kenapa menarik pembaca terasa menjadi tugas berat bila Anda membandingkan blog Anda yang seumur jagung dengan website yang sudah lama berdiri. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik pembaca dan mengalirkan traffic ke blog. Anda hanya butuh sedikit kerja keras selama beberapa minggu pertama tapi ini bisa membuka jalan untuk semua postingan Anda di masa mendatang.



Untuk Anda yang sedang berusaha dalam mengatasi masalah sepi pembaca pada blog dan ingin blog Anda ramai, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Fokus pada SEO Anda

Search Engine Optimization menjadi satu dari sekian banyak istilah yang lumrah bagi para blogger. Dengan mengoptimasi blog melalui mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya, Anda secara efektif membiarkan internet menemukan Anda. Meski pembaca baru bisa menemukan Anda melalui sarana lain seperti melalui berita dari mulut ke mulut, sering kali, mesin pencari lebih memungkinkan untuk menjadi teman Anda dalam mencari audiens yang besar. Buat tautan balik ke blog Anda beberapa kali. Yang Anda inginkan adalah meningkatkan kemungkinan siapa saja menemukan Anda setelah memastikan identitas blog terlihat di tempat audiens potensial berada.

Google Analytics

Menambahkan Google Analytics ke blog akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang traffic situs Anda. Dilansir situs jasa company profile, analytics bisa memberitahu Anda ketika situs menerima traffic paling banyak, seberapa sering orang mengunjunginya, berapa lama waktu yang mereka habiskan di web, dan kemungkinan mereka pergi dari website bila konten Anda tidak cukup menarik.

Mempelajari berbagai metrik ini akan membantu Anda menghias blog menjadi format yang menarik yang membuat pembaca betah untuk waktu lebih lama. Anda juga perlu memonitor analytics untuk menemukan siapa yang membuat tautan ke blog Anda, dan dimana kebanyakan traffic Anda berasal.

Social Networking

Menggunakan Google+ jadi satu cara paling mudah dan cepat untuk mengoptimasi blog untuk pencarian. Sign in di layanan ini membuat Anda bisa mengedit link ke profil yang Google asosiasikan sebagai brand atau identitas online Anda, yang secara efektif membuat Anda masuk peringkat pencarian ketika pembaca potensial mencari Anda.

Selain Google+, Twitter jadi tool menakjubkan lainnya dimana Anda bisa melakukan promosi dan link blog Anda terlihat oleh beberapa ribu pembaca potensial. Edit link blog Anda ke profil di Twitter atau lakukan tweet tiap kali ada postingan baru untuk mengingatkan follower tentang konten baru Anda, lalu beri tautan follower langsung ke postingan baru tersebut. Anda juga bisa menggunakan Twitter sebagai feedback terpisah yang membuat Anda bisa lebih dekat dengan pembaca secara real time.

Anda bisa lakukan hal yang sama pada Facebook, Tumblr, atau situs lain. Bahkan signature email Anda perlu mengandung tautan ke blog Anda. Dengan secara konstan memberi tautan balik ke blog dan mendekati follower di berbagai platform sosial, Anda tidak hanya meningkatkan kemungkinan situs Anda dipilih oleh mesin pencari, tapi juga membuat blog Anda lebih terlihat bagi pembaca potensial.

Ciptakan Rasa Memiliki

Bicaralah langsung pada pembaca Anda. Mereka ingin dianggap sebagai bagian dari blog Anda, dan dengan berbicara langsung ke mereka dalam tulisan, Anda membangun kesetiaan dan familiaritas. Dengan melibatkan pembaca ke hasil kerja Anda dan mengarahkan mereka ke komentar atau lelucon lama yang hanya dipahami oleh kebanyakan follower setia, blog Anda akan memiliki audiens dan komunitas yang mapan.

Meski hal ini bisa berpotensi membuat pembaca baru pergi, juga mendorong audiens yang ada untuk tetap setia. Eksklusifitas Anda sering kali mendorong pembaca baru untuk bertahan lebih lama dan memupuk rasa kesetiaan yang sama yang telah Anda bentuk dengan audiens lama.

Kualitas Konten Jadi Kuncinya

Tak peduli berapa banyak mata tertuju ke blog Anda, pembaca potensial jangka panjang akan hilang bila Anda kekurangan konten yang berkualitas. Selalu gunakan konten berkualitas, baik berupa gambar, tulisan, atau ilustrasi.

Ketika menulis, lakukan editing berulang kali hingga Anda merasa kerja Anda sudah sempurna, sudah dipercantik, dan dipresentasikan dengan cara yang sangat manis. Konten berkualitas tak akan lekang oleh waktu dan berkesan.

Komentar

Ketika mengatur blog baru maupun lama, memahami feedback pembaca penting untuk kesuksesan blogging. Cara ini membantu mendekati pembaca dan memberi mereka media untuk bisa berinteraksi dengan penulis atau otak di balik postingan yang mereka komentari. Juga memberi kesan Anda ingin mendengar apa yang mereka katakan dan memang seharusnya begitu, bila Anda ingin memperoleh pembaca yang setia.

Dengan berbicara pada pembaca melalui komentar dan feedback, Anda membangun rasa komunitas dimana audiens Anda merasa jadi bagian dari blog Anda. Libatkan pembaca sedalam mungkin dalam mengarahkan blog Anda karena feedback mereka penting untuk kemajuan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar