Minggu, 26 Februari 2017

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Instalasi Blog WordPress


Membuat blog dengan platform WordPress itu tidak sulit, sebuah blog bisa dibangun dari nol hanya dalam 5 menit. Meskipun anda tidak pernah membuka internet sebelumnya. Tetapi, tantangan sebenarnya bukanlah terletak disana, tapi pada saat instalasi akan di pasang.

Apa yang mestinya anda lakukan setelah proses instalasi selesai. Langsung menulis artikel? Cari plugin dan theme yang keren? Atau tunggu beberapa hari supaya matang?



Bagi blogger maupun penyedia jasa desain company profile yang berpengalaman, ini bukan masalah besar karena mereka sudah hafal tahapannya. Tapi bagi yang masih pemula, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan lakukan supaya blog WordPress anda siap bertempur di medan perang.

Kalau anda baru membuat blog dengan WordPress dan bingung apa yang harus dilakukan, berikut 5 hal yang harus dilakukan agar tampilannya semakin maksimal.


Buat Tagline Blog, Tapi Jangan Sampai Salah

Tagline itu satu kalimat singkat yang akan mendeskripsikan blog anda secara keseluruhan. Jadi, mestinya pengunjung blog akan langsung paham mengenai blog anda setelah melihat tagline-nya. Jangan sampai Anda menulis tagline dengan memasukan kata-kata yang terlalu personal dan tidak bermanfaat. Nyelenih sedikit mungkin boleh saja, tetapi ingat, tagline dibuat agar orang mudah mengenali siapa Anda.

Berikut ini adalah tagline dari 3 blog populer yang ada saat ini.

- NerdFitness: Helping You Lose Weight, Get Stronger, Live Better
- Backlinko: SEO Training and Link Building Strategies
- Lifehacker: Tips and downloads for getting things done

Ubah Struktur Permalink

Setiap halaman baru di blog WordPress anda akan mendapatkan default URL seperti ini : namablog.com/?p=123. Percaya atau tidak, permalink seperti ini tidaklah bagus karena orang lain tidak akan tahu apa isi dari angka tersebut dan maksud dari website Anda.

Maka, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengubah link tersebut dengan judul atau nama dari website Anda, contohnya seperti namablog.com/judul-artikel/. Untuk mengubah permalink WordPress, masuk ke menu Settings > Permalink. Kemudian pilih ‘Post name’.

Buat Dan Upload Favicon

Favicon adalah gambar kecil yang muncul di kiri atas tab browser anda. Hampir semua website saat ini punya favicon, maka kalau blog anda tidak menggunakan favicon akan terlihat jadul dan kurang modern. Untuk membuat Favicon sendiri, gunakan software desain grafis seperti Photoshop atau GIMP (gratis). Buat desainnya dalam ukuran persegi berukuran 512px dan simpan dalam format .ico atau .png.

Daftarkan Email Di Gravatar

Sebagai blogger baru, anda akan banyak menulis komentar di blog. Entah itu di blog sendiri untuk menjawab komentar pembaca, atau di blog orang lain untuk menjalin hubungan dengan mereka.

Ketika berkomentar di website berbasis WordPress, akan muncul avatar atau foto kecil di sebelah kiri nama kita. Saat ini, kalau belum mendaftar di Gravatar maka foto anda masih kosong. Yang ditampilkan hanya foto default atau gambar acak.

Sebagai orang yang sering berkomentar, sebaiknya anda memasang foto diri sendiri atau minimal logo blog. Setelah mendaftar di Gravatar dan mengupload foto, komentar anda akan terlihat berbeda dari 90% orang lain.


Lengkapi Profil Akun Anda

Profil pada akun Anda haruslah jelas dan diisi dengan informasi yang padat namun jelas. Cukup masuk ke menu User lalu pilih Your Profile. Lebih dari itu, beberapa thema pada web akan secara otomatis menampilkan profil anda, terutama nama, akun social media, dan bio. Maka dari itu, sebaiknya lengkapi ketiganya supaya theme yang anda gunakan tidak kosong.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah instalasi pada wordpress selesai dilakukan. Ini untuk mengenalkan blog Anda kepada user, maka dari itu, hal-hal diatas tidak boleh diabaikan agar blog yang Anda buat bisa memaksimalkan apa yang akan Anda hadirkan kepada masyarakat luas.

1 komentar:

  1. not only for E-commerce in this age every kind of websites but also the web design companies who are making brilliant designs for the business websites are also playing a vital roles in business developments as well with SEO services and strategies.

    BalasHapus