Rabu, 22 Februari 2017

Inilah Tools Yang Paling Banyak Digunakan Desainer Saat Ini


Suatu desain yang baik biasanya adalah desain yang dibuat dengan cara yang benar mulai dari coret-coret ide di buku dengan sketsa yang hanya dimengerti oleh diri sendiri, hingga jadi sebuah hasil yang bisa berguna untuk si klien.

Untuk melakukan hal tersebut biasanya banyak proses yang dilewati oleh desainer, mulai dari proses brainstorming, wireframing, membuat prototipe, hingga membuat desain antarmuka yang bisa membuat inspirasi desain semakin stand out jika dilihat dari kenyataan.


Dan untuk melakukan itu semua biasanya dibutuhkan sebuah manajemen proyek yang baik serta pengelolaan file & versi desain yang benar agar semua proses berjalan dengan lancar, terstruktur dan profesional. Ini merupakan langkah yang baik untuk terciptanya sebuah desain yang struktural mulai dari proses hingga finishing.

Setidaknya ada 6 fase yang telah kita disebutkan diatas, dan setiap fase tersebut biasanya seorang desainer membutuhkan tool atau alat untuk menunjang pekerjaan mereka.

Nah, jika Anda ingin tau tools apa saja yang digunakan oleh desainer dari seluruh dunia untuk membantu mereka menyelesaikan fase-fase tersebut dengan baik, kali ini blog kesayangan kita ini akan membahasnya sedikit demi sedikit untuk Anda.


Brainstorming

Untuk melakukan brainstorming ternyata desainer lebih suka menggunakan coret-coret di kertas dengan menggunakan pensil dibanding harus membuat di aplikasi seperti Sketch, Illustrator atau Photoshop. Fakta membuktikan jika penggunaan tools ini diatas 50% penggunaannya bagi para desainer maupun mereka yang ahli dibidang jasa pembuatan company profile.

Wireframing

Sedangkan untuk urusan pembuatan wireframe ternyata desainer sekarang ini lebih suka membuatnya dengan menggunakan Sketch, dibanding Illustrator atau langsung membuat koding HTML/CSS pada program yang ada saat ini.

Interface Design

Untuk pembuatan tampilan antarmuka atau interface, Sketch kembali unggul, dan kali ini sangat mengejutkan bahwa Photoshop hanya berada di urutan ke-2 dan tentu saja, urutan pertama adalah SKETCH yang menjadi pilihan desainer di dunia kini.

Prototyping

Untuk urusan pembuatan prototipe ternyata desainer lebih suka langsung membuat sendiri dengan menggunakan HTML/CSS dibanding menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Invision.

Project Management

Untuk urusan manajemen proyek dan kolaborasi antar tim ternyata desainer banyak yang menggunakan Slack dibanding trello, namun ada sekitar lebih dari banuak orang dari mereka yang menggunakan aplikasi lain karena simple, mudah dan menghasilkan grafis yang baik.

Version Control & File Management

Sedangkan untuk mengelola versi dari desain yang dibuat serta untuk mengelola file, ternyata desainer lebih suka menggunakan Dropbox, di urutan kedua baru ada Github. Ternyata agak beda yang dengan developer yang biasanya lebih menyukai Git. Mungkin desainer butuh kapasitas yang lebih besar dan aplikasi yang penggunaannya tidak rumit untuk urusan ini.

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja tools yang banyak digunakan dan bisa menjadi senjata andalan dalam membuat grafis menjadi lebih baik lagi. Tools-tools diatas juga kini sudah tersebar sehingga menjadikan pekerjaan desainer lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar