Minggu, 19 Februari 2017

Mari Kreasikan Huruf Melalui Tipografi


Kalian yang sedang belajar desain pasti pernah atau sering mendengar kata ini. Sebenarnya apa sih typography atau tipografi itu?

“Typography” alias tipografi adalah seni dan teknik pemilihan, penataan dan pengaturan huruf pada ruang-ruang yang tersedia, sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu dan pesan yang tersampaikan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Untuk memahami typography (tipografi) itu sendiri, seorang desainer grafis harus memahami konsep-konsep fundamental dalam typography (tipografi) agar bisa diaplikasikan dalam desain grafis yang bisa menarik banyak attention orang-orang yang melihatnya.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa hal penting dari konsep typography (tipografi) yang harus dipertimbangkan oleh seorang desainer grafis dalam mengaplikasikan huruf ke dalam desain yang mereka buat.



1. Size

Ukuran setiap jenis huruf berbeda satu sama lain. Ada font bentuknya besar dan lebar, ada juga yang tipis dan kecil. Dua font yang berbeda meski diketik dengan ukuran yang sama tidak selalu terlihat berukuran sama. Sebagai contoh, font Times New Roman dan Arial ketika diketik dengan ukuran 12pt, font Times New Roman akan terlihat lebih kecil karena kedua font ini memang memiliki tinggi yang berbeda. Sesuaikan ukuran huruf dengan desain yang kamu inginkan serta audience yang ditargetkan.

2. Leading

Yang dimaksud dengan leading adalah jarak spasi yang ada antara tiap baris tulisan. Agar tulisan mudah dibaca, disarankan ukuran leading lebih besar daripada ukuran font nya. Bisa 1.25 atau 1.5 kali lebih besar dibanding fontnya. Hindari jarak antar baris terlalu dekat atau terlalu jauh agar tidak sulit dibaca.

3. Measure

Measure mengacu kepada lebar kolom tulisan. Hal ini mungkin terlihat tidak penting, tapi sebenarnya pengaturan lebar kolom dapat mempengaruhi keterbacaan tulisanmu, sebab mata akan cepat lelah apabila harus membaca kolom yang panjang berulang kali dan tidak dapat dipungkiri pembaca malas membaca tulisan yang terlalu panjang. Itulah sebabnya koran mengatur kolom tulisannya pendek dan singkat agar tidak melelahkan ketika dibaca.

4. Hierarchy dan Scale

Jika semua huruf memiliki tampilan yang sama, maka akan sulit untuk mengetahui mana yang paling penting dari tulisan tersebut. Karena itulah pengaturan hierarchy dan scale menjadi penting dalam typography (tipografi). Ini berguna untuk memberitahukan kepada pembaca mana yang harus diberi perhatian lebih dan mana yang tidak. Ukuran bukan satu-satunya hal dalam hierarchy; font, warna, spasi, tebal, dan gaya juga termasuk dalam hal ini.


Tipografi itu penting, sangat-sangat penting, terlebih untuk mereka yang memang seorang desainer grafis atau desainer yang berkutat dalam jasa pembuatan company profile. Jadi buat kamu para calon desainer grafis, jangan malas untuk mengenal lebih jauh mengenai typography (tipografi), agar kualitas dan hasil desain yang dibuat bisa membuat semua orang tertarik untuk melihatnya.

1 komentar:

  1. Dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan yang ada di ZEUSBOLA

    PROMO :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    ◘◘Support bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga◘◘


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus