Jumat, 24 Februari 2017

Google Sukses, Yuk Telusuri Bagaimana Sejarahnya


Menyebut tentang internet, pasti selalu ingat Google, sebuah mesin pencari informasi nomor satu di dunia. Sudah sekian lama aplikasi Google diperkenalkan kepublic, dengan rating serta penggunaan yang luar biasa dari usernya. Hanya dalam hitungan menit saja, Google selalu digunakan lebih dari 10 juta user. Wow!

Everybody's new this app, right? Tetapi, tahukah Anda sejarah awal mula perusahaan aplikasi yang sukses besar ini?

"Google", rupanya diciptakan dengan nama "BackRub". Penciptanya yaitu Larry Page dan Sergey Brin, melakukan rebranding nama bisnisnya dan teknologinya menjadi Google pada tahun 1998. Lalu dari mana asal kata perusahaan itu.

"Google" sendiri merupakan plesetan dari kata "googol" yang merupakan nama istilah dalam matematika. Istilah itu dipakai untuk suatu jumlah bilangan yang diawali oleh angka 1 yang kemudian diikuti oleh 100 angka nol.


Sejarah Google Lengkap

Kata Google sendiri berasal dari kata Googlo, yang diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner seorang ahli matematika AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 100 yang diikuti oleh angka 0 (nol). Penggunaan istilah itu mencerminkan mesin pencari dengan jumlah informasi yang tak terbatas, "Google".

Google memiliki latar belakang sejarah yang unik, ia lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda pada tahun 1995, Larry Page  dan Sergey Brin. Larry Page adalah alumnus Universitas Michigan, sedangkan Sergey Brin merupakan seorang murid yang mendapat tugas untuk mengatar keliling Lary. Dalam pertemuan tanpa disengaja tersebut, duo pendiri Google ini sering terlibat diskusi panjang.

Di Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik ini mengangkat nama BackRub yang menyebar ke penjuru kampus. Hal ini terus disempurnakan hingga awal 1998 sambil mencari investor.

Tidak sia-sia hasil kerja keras mereka, mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus mereka, Andy Bechtolsheim pendiri Sun Microsystems. Suntikan dana ini adalah hasil dari demo singkat ke Andy yang tak memilki banyak waktu.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. 

Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari Business Insider sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.


Aplikasi Pencarian

Selain Google itu sendiri, perusahaan yang berbasis di Amerika ini mengembangkan aplikasi pencarian yang berkolaborasi dengan Google. Dilansir situs jasa desain company profile, inilah beberapa aplikasi pencarian berbasis Google yang sudah ada saat ini.

- Google Search - Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian 

- Google Maps - Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.

- Google Earth - Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi. Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail.Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).


Memang, perjalanan Google meraih kesuksesan tidaklah mudah. Karena aplikasi ini harus menempuh beberapa kali jalan terjal dan uji coba yang selalu gagal dn gagal. Tetapi, hasil kerja keras dari pencetus Google ini sendiri telah berbuah manis yang mungkin secara tidak sengaja, kita sendiri menikmati kecanggihan Google dengan bisa diakses secara mudah kapanpun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar