Jumat, 10 Februari 2017

Luasnya Pilihan Karir Seorang Desain Grafis - PART 2



Sebelumnya kita sudah membahas beberapa pilihan karir seorang desain grafis. Jika Anda berfikir desain grafis hanya memiliki jenjang karir dibidang advertaising saja, Anda salah. Karena lebih dari itu, desain grafis memiliki jenjang karir yang luar biasa luas.


Mari kita bahas beberapa karir lainnya yang bisa dipilih seorang desain grafis. Jenjang karir dibawah ini memiliki kesempatan berkarir yang sangat besar baik dalam industri kreatif maupun bukan. Namun, dari semuanya, karir-karir ini sudah diakui dan layak dipilih oleh para desainer grafis.

Berikut beberapa lapangan kerja alternatif yang bisa desainer grafis pilih dalam menentukan langkah awal karirnya.

Perusahaan Film & Stasiun TV

Kalau kamu tertarik pada bidang film & pertelevisian, kamu juga bisa bekerja di perusahaan ini. Stasiun tv dan film sangat membutuhkan jasa desainer grafis untuk merancang konsep visual, story board, title & credits, special effect, trailer, juga property, stage design (background dan panggung).

Selain itu, desainer grafis juga bisa membuat materi promosi untuk perusahaan tersebut seperti membuat poster film, iklan, spanduk dan lainnya. Desainer grafis tentu tidak bekerja sendirian; ia bekerjasama dengan produser, sutradara, penulis naskah, kontraktor dan berbagai pihak lain.



Lembaga Pendidikan

Siapa bilang desainer grafis hanya memiliki jenjang karir dibidang digital saja, buktinya banyak pekerjaan dibidang pendidikan yang bisa disentuh desain grafis. Tentu saja, dalam lembaga pendidikan Anda bisa berperan sebagai pengajar tetap maupun paruh waktu. Beberapa jurusan yang bisa Anda ambil diantaranya ialah Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi hingga Teknologi Informatika.



Game Development Company

Kamu senang main game, ingin mencoba membuatnya tapi jurusan kamu bukan animasi? Kamu masih bisa menjadi bagian dari pembuatnya sebagai desainer grafis pada perusahaan pembuat game. Banyak aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis dalam bidang game, mulai dari pembuatan gamenya seperti merancang konsep, peraturan dan sistem game, karakter, setting lingkungan, hingga materi promosinya  poster film, iklan, spanduk dan lainnya.



Perusahaan Sendiri

Nggak mau jadi karyawan? Buatlah perusahaanmu sendiri atau bukalah jasa desain logo! Hal ini bukan hal yang mustahil, dibuktikan dengan suksesnya Early Branding & Communication yang didirikan oleh Meiliana Sari Hermanto selepas lulus kuliah. Selain bisa jadi bos di perusahaan sendiri, kamu juga bisa membantu desainer grafis lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.



Bagaimana, banyak bukan jenjang karir yang bisa dimiliki oleh seorang desainer grafis. Tentu saja, modal utama dalam menjalani karir ini adalah ketekunan, terus berusaha dan kreatifitas yang semakin hari harus Anda tingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar