Kamis, 23 Februari 2017

Logo Baru Juventus Menuai Kritikan Dari Fans


Siapa sih yang tidak kenal dengan kl;ub sepakbola raksasa dari Italia yaitu Juventus. Sebagai salah satu klub andalan negeri menara miring Pizza, Juventus selalu memberikan performa terbaik pada setiap pagelaran sepak bola.

Membicarakan tentang Juventus, maka rasanya akan terasa kurang jika tidak membahas tentang logonya yang identik dengan hitam putih tersebut. Nah, baru-baru ini Juventus merubah logo yang sudah sekian lama digunakan dengan logo yang lebih simple. Uniknya. gambar Kuda yang sudah menjadi ciri khasnya dihilangkan dan reaksi dari fans pun beragam namun kebanyakan adalah kritikan yang dilayangkan kepada klub ini.


Jika sebelumnya logo mereka sebelumnya berisikan siluet kuda, serta mahkota, garis-garis hitam dan putih, dan nama tim digaris bawahi dengan warna kuning, maka sekarang logo yang dipakai lebih simple meskipun warna yang dipakai tetap hitam dan putih.

Untuk desain baru mereka, Juventus, bekerja sama dengan biro pembuat desain Interbrand, membuang sebagian besar elemen itu. Sebaliknya, mereka memberi dua garis yang membentuk huruf J dan dihiasi dengan nama tim.


Logo baru, yang diberi titel “Black and White dan More”, itu dimaksudkan untuk membantu merek dagang Juventus tumbuh saat mengambil inisiatif bisnis baru yang kurang langsung terkait dengan sepak bola.

Namun, fans mereka dengan cepat memberi reaksi tentang logo baru Juventus di media sosial. Beberapa orang mengeluhkan logo baru itu yang terlalu anonim dan lebih melambangkan perusahaan dan bukan klub sepak bola. “Logo baru mengatakan kepada saya bahwa Juventus adalah merek dan kami pelanggan, bukan fans,” tulis pengguna akun Twitter @JuventusCrazy.

Ada yang merasa logo itu menyerupai pola jambang legenda Juventus Alessandro Del Piero. Bahkan ada yang memutar logo itu hingga tampilannya menyerupai sesuatu yang lucu.

Logo baru Juventus itu diresmikan pekan ini di sebuah acara di Museo Nazionale della Scienza e della Tecnologia Leonardo Da Vinci di Milan. Manfredi Ricca, kepala strategi di Interbrand, mempresentasikan logo baru itu sebagai brand yang dapat diterapkan dalam berbagai cara di luar dunia olahraga.


“Tidak ada klub di Eropa sejauh ini yang telah mampu melampaui olahraga dan menyampaikan filosofi di balik itu. Jika ada satu klub yang mampu mengambil langkah itu, maka itu adalah Juventus. Merek ini identik dengan ambisi dan keunggulan klub. Logo baru itu telah dirancang untuk  membawa semangat klub ke zona yang baru, alam yang tak terduga,” ujar salah satu perwakilan dari Juventus kepada media dilansir situs penyedia jasa pembuatan company profile.

Langkah Juventus ini mengikuti jejak dari Asosiasi Sepak bola lain, seperti Premier League yang mengubah logo mereka menjadi lebih sederhana dari musim lalu. Meskipun direspon dengan kurang baik oleh fans, tetapi langkah Juventus sudah mantap untuk mengganti logonya dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar