Selasa, 07 Februari 2017

Cara Belajar Desain Grafis Secara Otodidak



Saat akan menekuni suatu bidang ilmu, tentu kita harus belajar terlebih dahulu agar bisa lebih paham, karena tidak semua hal kita bisa langsung memahami tanpa mempelajarinya terlebih dahulu, hal ini juga berpengaruh pada salah satu ilmu yaitu desain grafis.

Namun, mungkin banyak di antara kamu yang bingung bagaimana sih cara belajar desain grafis? Sebenarnya, belajar desain grafis itu mudah kok karena kamu bisa belajar sendiri alias otodidak. Ya, belajar desain grafis secara otodidak banyak dilakukan sekarang ini, terlebih sudah banyak tutorial yang menyajikan cara-cara bagaimana bermain dengan grafis pada photoshop.


Untuk Anda yang tertarik bagaimana belajar desain grafis secara otodidak, berikut kami ulas beberapa informasinya.



Tanamkan Niat

Memang benar kata orang jika dalam mempelajari satu hal maka niat adalah hal pertama yang harus ditanamkan. Hal ini juga berlaku saat kamu akan belajar desain grafis apalagi yang bercita-cita sebagai desainer andal. Tanyakan dalam hati apakah desain grafis menjadi passionmu karena jika tidak kemungkinan kamu akan belajar secara setengah-setengah.

Mulai Dari Software Mudah

Cara belajar desain grafis secara otodidak adalah pilih software yang kamu anggap paling mudah. Ada dua perusahaan pengolah desain, yaitu Adobe dan Macromedia. Kamu bisa pilih software mana yang paling mudah dan seru untuk digunakan. Setelah tahu akan menekuni software apa, kamu harus mempelajari hal itu dulu, bukan malah mencoba software lain. Ini bertujuan agar Anda bisa mengerti desain grafis dari hal yang termudah dahulu.

Lupakan Buku Tutorial

Terkadang tutorial bisa membantu Anda dalam melatih kemampuan desain grafis dan belajar hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Kini tutorial desain grafis bisa dilihat dalam bentuk video yang bisa memudahkan Anda. Karena ada video, maka lupakan tumpukan buku tebal yang terkadang malah bisa membuat Anda tidak fokus dan kurang memahami akan hal dalam suatu grafis. Dari video ini, Anda juga bisa menghindari kesalahan saat nantinya coba-coba dengan grafis yang akan dibuat.

Buat Objek yang Mudah

Mungkin kamu sering menemukan karya desain keren yang membuat kamu ingin mencoba desain seperti itu. Nah, karena posisimu sebagai pemula mungkin akan terasa lebih sulit. Ada baiknya untuk mencoba objek yang mudah dulu sebagai awal latihan, seperti gambar mangkuk, gelas, TV, atau objek yang kamu rasa mudah. Belajar desain grafis memang ada banyak cara, tetapi belajar secara bertahap menjadi hal yang bijak. Mengapa? Karena belajar desain grafis seperti bermain game, akan ada level yang membuat kamu lebih jago.

Ikut Komunitas

Dan cara belajar desain grafis selanjutnya adalah mengikuti komunitas desain yang ada. Komunitas yang baik biasanya selalu mengadakan diskusi dan nantinya akan menambah kemampuan dan pengetahuanmu. Dan biasakan untuk aktif saat mengikuti komunitas tersebut, Malu bertanya menjadi hal yang harus kamu hilangkan saat belajar desain grafis secara otodidak.



Itulah beberapa cara dalam belajar desain grafis secara otodidak. Hampir sama seperti belajar grafis dibangku formal, semuanya membutuhkan kesabaran dan kreativitas agar Anda nantinya bisa menjadi seorang desainer grafis bahkan bisa mengelola jasa pembuatan company profile yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar