Senin, 06 Februari 2017

Komunitas Desain Grafis Yang Ada Di Indonesia



Hampir setiap aspek dalam kehidupan kita selalu saja ada komunitas-komunitas yang siap menggerakan dan mendukung kelangsungan dari aspek tersebut. Tidak hanya film dan artis, yang memiliki komunitas besar-besaran, tetapi ternyata desain grafis juga memiliki komunitas luar biasa yang ternyata ada di sekitar kita.

Tentunya dengan adanya komunitas dari desain grafis ini, setiap individu yang memiliki hobi dan rasa ketertarikan yang sama terhadap suatu bidang akan merasa senang karena memiliki rasa kebersamaan yang sama.


Bukan hanya itu, kehadiran komunitas desain grafis juga mendorong desain grafis di Indonesia lebih maju lagi dan dikenal oleh banyak orang agar lebih tertarik dengan hal ini kemudian mendorong mereka dalam menekuninya secara profesional.

Sebagai pengetahuan dan informasi untuk Anda, berikut 3 komunitas desain grafis yang ada di Indonesia.

Indonesia Grafis Indonesia

Indonesia Grafis Design adalah ruang atau komunitas para desainer Indonesia untuk bisa berbagi kreatifitas, sumbang saran dan menjalin komunikasi dalam ruang lingkup desain grafis dan bisa berinteraksi dengan desainer lainnya. Di grup ini berisi berbagai ilmu pengetahuan dan imajinasi, seperti Vexel, Vector, Digital Imaging, Manipulasi, Karikatur, Digital Sketch, 3D, Animasi, Painting, Typhography dan lainnya.

Dalam komunitas Indonesia Grafis Indonesia ini, para desainer tidak hanya bisa upload foto desain saja. Tapi, bisa juga buka wacana tentang IT seperti website. Semua ilmu pengetahuan tersebut dibagikan secara gratis alias free agar bisa dipelajari oleh semua orang tanpa memandang usia dan siapa mereka.

Desain Grafis Indonesia (DGI)

Desain Grafis Indonesia adalah sebuah situs kolaborasi yang memfokuskan diri kepada Sejarah Desain Grafis Indonesia sebagai bagian integral dari warisan kolektif desain grafis internasional.

DGI didirikan pada 13 Maret 2007 oleh salah seorang desainer grafis senior Indonesia, Hanny Kardinata. Situs ini didirikan sebagai forum maya untuk memupuk saling pengertian di antara desainer grafis Indonesia. Tujuan DGI adalah membimbing pemahaman di antara desainer grafis Indonesia dan persimpangannya dalam seni, desain, kebudayaan, dan masyarakat.

Saat ini, dengan memanfaatkan teknologi virtual, DGI mengumpulkan dan mempublikasikan informasi mengenai desain grafis Indonesia secara berkesinambungan ke seluruh Indonesia dan juga dunia. Selain sebagai portal atau media informasi, DGI juga berfungsi sebagai pusat data dan kajian desain grafis Indonesia, terbagi atas data visual dan data verbal.

Cita-cita DGI adalah mendirikan Museum Desain Grafis Indonesia (MDGI) yang akan mendukung pembelajaran ilmu desain grafis dengan menyimpan dan merawat karya-karya desain grafis Indonesia secara komperhensif.

Komunitas Desain Indonesia

Komunitas Desain Indonesia adalah sebuah komunitas yang merupakan tempat ajang mempertemukan para desainer dengan komunitasnya. Komunitas Desain Indonesia juga dapat dijadikan tempat untuk menambah wawasan ilmu desain yang dimiliki desainer dan juga untuk memberikan pengetahuan tentang desain kepada masyarakat luas guna lebih memberikan pemahaman dan pengertian tentang desain dan juga untuk memperkenalkan lebih jauh tentang desain di Indonesia pada umumnya.

Komunitas Desain Indonesia memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para desainer Indonesia dalam berkomunikasi dan bertukar ide, gagasan dan pikiran guna kemajuan desain di Indonesia.

Itulah 3 komunitas besar di Indonesia yang bergerak dibidang desain grafis. Percaya atau tidak, komunitas-komunitas ini sampai saat ini ada di seitar kita, dan siap memajukan desain grafis ketahap yang lebih tinggi dan bisa menjadi wadah dalam bertatap muka dan berkomunikasi dengan dengan desainer grafis lainnya bahkan dengan mereka yang bergrak dibidang jasa desain company profile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar