Minggu, 26 Februari 2017

Tips Web Design Untuk Fungsionalitas Atau Usability Sebuah Website


Faktor Kebergunaan, Fungsionalitas atau Usability dalam desain sebuah website adalah salah satu hal yang harus diperhatikan seorang Web designer ketika membuat sebuah website. Apa maksud dari Usability ini? Maksud dari kebergunaan ini artinya desain web anda harus berorientasi pada pembuatan dan penempatan fungsi-fungsi yang efektif dan mudah digunakan pengguna.



Dalam arti luas, kita tidak boleh asal mendesain tanpa tahu apakah nantinya desain website ini akan efektif, bermanfaat, mudah diakses atau tidak oleh user. Sayang bukan jika kita sudah mendesain website tetapi tidak menimbulkan fungsionalitas pada user yang sudah mengakses website kita.

Maka dari itu, penting diketahui oleh para web desainer dan pengelola jasa desain company profile agar selalu memasukan unsur ini dalam website yang dibuat. Berikut ini, akan kami paparkan beberapa tips dalam fungsionalitas sebuah website yang bisa Anda terapkan.


Lihat Bagaimana Orang Membaca Situs Anda

Dua penelitian yang dilakukan oleh Dr Jakob Neilson dan perusahaan pemasaran Did-it and Enquiro telah menunjukkan bahwa pola orang melihat/mengakses sebuah situs berbentuk huruf F. Hal ini juga dikenal sebagai Google Golden Triangle (Segitiga Emas Google). Kebanyakan orang mulai melihat dari pojok kiri atas, lalu ke ke bawah dan ke kanan ketika mengakses sebuah situs web. Oleh karena itu, Konsentrasikan informasi anda yang paling penting di daerah ini.

Sebuah studi juga telah menunjukkan bahwa orang hanya membaca sekitar 28% dari teks pada halaman. Ini berarti konten anda harus benar-benar menarik. Penyajian konten dalam bentuk video dan infographic lebih baik ketimbang text. Namun tentu saja ini membutuhkan tenaga lebih.

Kenyamanan Tampilan Website

Website haruslah nyaman dan enak dilihat, maka dari itu gunakan ruang putih untuk membuat teks lebih mudah dibaca. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ruang putih tidak hanya membuat website Anda terlihat bersih, tetapi meningkatkan pemahaman pembaca. Artinya, jangan membuat web anda terlalu sesak dengan tulisan.

Jika konten halaman web anda cukup banyak sehingga halaman web memanjang kebawah, gunakan link yang menarget ke bagian-bagian konten sehingga tidak memaksa pengunjung untuk melakukan scrolling karena hal ini bisa membuat user tampak kebingungan dan tidak nyaman dengan tampilan website Anda.

Kinerja/Perfomansi Website Anda

Website anda harus dapat diakses dengan cepat pada semua perangkat. Pengunjung tidak punya waktu untuk menunggu load situs anda. Uji ulanglah kecepatan website pada pada berbagai perangkat dan perbaiki apabila ada yang membuat berat. Tools seperi Google Pagespeed Insights gunakan untuk mengujinya.

Pastikan juga tidak ada link mati atau yang mengarah pada halaman error. Lakukan pemeriksaan ulang apabila anda men-desain ulang atau melakukan perbaikan pada koding. Gunakan juga navbar atau menu navigasi diatas website yang bersifat fixed atau sticky. Artinya navigasi itu akan tetap berada diatas ketika discroll kebawah.


Itulah beberapa tips yang memungkinkan Anda dalam mengelola dan membuat website yang fungsional bagi user Anda. Semua hal yang dipaparkan diatas harus bisa dimaksimalkan karena user adalah raja Anda yang bisa meningkatkan dan mempopulerkan website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar