Senin, 27 Februari 2017

Bagaimana Website Bisa Bercerita dan Memberi Pengalaman Pada Pengunjung?


Jika anda sering membaca biografi seseorang atau kronologi sebuah kasus di internet pasti website wikipedia menjadi tujuan utama anda. Saat ini, wikipedia dengan kekayaan kontennya cukup menarik dan memang juara, karena memiliki layout sederhana, banyak teks dan selalu jadi rujukan semua orang ketika ingin mencari informasi tentang sesuatu hal.



Namun beberapa tahun belakangan ini website sudah banyak berubah, dengan meningkatnya kecepatan internet di berbagai negara serta semakin canggihnya teknologi menjadikan website semakin menarik dan atraktif sehingga membuat semua orang betah berlama-lama mengaksesnya, terlebih informasi yang didapatkan bisa memperkaya ilmu pengetahuan kita.

Berbicara tentang hal tersebut, bagaimana sih sebuah website bisa bercerita dan memberikan kita pengalaman berbeda dalam mendapatkan sebuah informasi? mari kita kupas lebih dalam dimana sebagai contoh kita akan me-review website kronologi pembunuhan mantan presiden Amerika ke-35 yaitu  John F. Kennedy yang dituduhkan kepada Lee Harvey Oswald dalam website http://www.kennedyandoswald.com.


Foto, Video, Tipografi & Animasi  — Seperti yang dilansir situs penyedia jasa pembuatan company profile, pada website tersebut terlihat bagaimana web developer bisa membuat website menjadi media yang sangat ampuh untuk menjelaskan sesuatu, bukan sekedar membaca teks, namun pengunjung diberi rasa, website bisa memberikan keterikatan dengan pengunjungnya dengan penggunaan gambar yang baik.

Website kronologi pembunuhan Kennedy itu bisa diibaratkan “nasi rames” untuk developernya, paket komplit dimana dengan kekayaan informasinya yang akan disampaikan, developer & designer bisa leluasa bermain-main disana.

Audio & Vintage — Website Killing Kennedy sangat kaya fitur, pada pembahasan diatas tadi kita sudah bahas mengenai gambar, itu baru sebagian karena jika kita perhatikan disitu kita bisa melihat pemilihan warna yang agak gelap mungkin karena kasus ini penuh misteri, kesan vintage dimunculkan disana karena memang menceritakan masa lalu dan penggunaan audio yang kalau didengar dengan volume sedang maka akan terdengar sangat menarik dan alunannya kadang mengharukan dengan selingan suara tembakan pistol.


Navigasi — Selanjutnya bagaimana dengan navigasi? Anda tentu harus sepakat kalau navigasi sangat penting untuk ada pada sebuah website, dan web Killing Kennedy dengan sangat baik menyertakan menu yang berisi chapter-chapter yang ketika di klik akan membawa pengunjung loncat ke chapter tertentu, ini tentu sangat membantu karena website one page parallax biasanya sangat panjang dan kalau lagi-lagi menggunakan scroll up or down untuk menuju pada bagian tertentu pasti akan sangat melelahkan jari dan mata.

Speed Website — Website ini bisa dibilang merupakan jenis website one page (satu halaman) yang penuh dengan gambar dan menggunakan efek-efek parallax dan popup yang tentunya membutuhkan javascript yang cukup banyak, meskipun begitu kecepatan websitenya sangat baik, terlihat website ini dioptimasi sehingga google memberi penilaian cukup tinggi.


Tampil Baik di Mobile  — Website ini jika dilihat di perangkat mobile juga mampu tampil dengan baik, website sekarang memang perlu untuk bisa dibuka diperangkat selain desktop, hal itu karena penggunaan tablet pc dan smartphone yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya.

Itulah sedikit contoh dan review kami terkait bagaimana supaya website bisa memberikan sebuah cerita dan pengalaman pada Anda saat mengaksesnya. Meskipun pastinya cukup rumit, tetapi jika semua hal tersebut sudah dikombinasikan, maka akan menghasilkan website yang menarik dan disukai banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar