Senin, 06 Maret 2017

5 Sambul Buku Dengan Tipografi Paling Keren


Di tengah popularitas e-book atau buku elektronik, penjualan buku fisik tetap melenggang laris. Beberapa orang merindukan momen membolak-balik kertas dan nyamannya membaca tanpa takut mata perih lewat gadget, tetapi beberapa orang masih suka menilai buku sekedar dari sampul fisiknya.



Memang, tidak bisa kita pungkiri jika sampul turut andil dalam meningkatkan kepopuleran buku disamping isinya. Maka dari itu, tidak sedikit juga penulis yang berlomba-lomba membuat sampul menarik, seperti menambahkan tipografi keren agar orang semakin melirik buku yang kita produksi.

Berbicara tentang hal tersebt, berikut ini kami hadirkan 5 sampuk buku keren yang dihiasi tipografi menakjubkan.

1. The Casual Vacancy - J.K. Rowling

Selepas kesuksesannya dengan seri Harry Potter, J.K. Rowling tak lantas berpuas diri. Beliau kembali memuaskan pembacanya dengan meluncurkan The Casual Way. Sedangkan sampul novel ini lahir dari ide dan eksekusi matang Joel Holland.

Meskipun kehadiran kisah fiksi ini sempat memicu kontroversi, tetapi sulit untuk tidak mengapresiasi kehebatan J.K. Rowling dalam menulis dan desain sampul berkarakter dari Joel Holland tersebut. Jadi, nikmati saja dua karya hebat yang bisa Anda genggam sekaligus ini.



2. Everything is Illuminated - Jonathan Safran Foer

Lagi, tipografi yang menarik dan seakan-akan 'mengalir' menjadi tren baru dalam desain cover buku. Bagi Anda penikmat setia karya Jonathan Safran Foer, pasti tidak asing lagi dengan style goresan tangan milik John Gray ini.

Kalau melihat teknik lettering John Gray yang khas dan energik, rasanya bukan sebuah kebetulan semata apabila beliau dijuluki desainer sampul buku handal di dunia dan mendapat kehormatan untuk mendesain sampul buku milik penulis ternama, seperti Joe Dunthorne, AM Holmes, dan Zadie Smith.



3. The Art of Fielding - Chad Harbach

Chalk lettering diaplikasikan pada sampul buku? Wow! Ide yang keren untuk sampul buku, bukan? Mungkin saja sekarang Anda sedang terkagum-kagum karena baru melihat teknik ini pertama kali, tetapi ide kreatif ini telah dimiliki dan dieksekusi dengan sangat baik oleh Dana Tanamachi, desainer asal Inggris.

Selain mendesain sampul novel karya Harbach yang ditujukan khusus untuk pasar Inggris ini dengan teknik lettering, Dana juga menambahkan elemen kursi lengkap dengan bayangannya untuk mempercantik desain sampul ini. Sungguh sangat luar biasa, bukan?


4. The Godfather - Mario Puzo

Contoh cover menarik lainnya lahir dari guratan tangan S. Neil Fujita. Novel ini memang dipublikasikan 1969 silam, tetapi typeface yang berkarakter kuat dan gothic ini sangat ikonik dan khas. Cocok sekali menggambarkan 'Godfather' yang terkenal bisa membuat bulu kuduk kita semua berdiri.

Tak heran apabila karya Fujita ini dijadikan contoh desain cover buku yang menginspirasi desainer dan tipografer saat ini. Bahkan, saking fenomenalnya, sampul buku ini juga banyak dijadikan referensi menarik disamping isi novelnya yang memang membuat siapapun yang membacanya jatuh cinta.


5. No Country for Old Men - Cormac McCarthy

David Pearson adalah otak di balik lahirnya karya keren ini. Dengan menggunakan style tipografi tipe serif klasik, beliau tak hanya berhasil membuat calon pembaca penasaran dengan isi buku ini, tetapi juga pantas untuk dijadikan koleksi dan hadiah untuk orang terdekat.

Penggunaan style yang sepintas mirip letterpress printing ini pun sangat brilian dan inovatif. Tak heran apabila David Pearson telah beberapa kali dipercaya untuk mendesain beberapa novel karangan Cormac McCarthy.


What do you think? Sampul-sampul buku diatas sangat keren bukan, terlebih terdapat sentuhan tipografi didalamnya. Apakah sampul diatas bisa dijadikan inspirasi? menurut situs yang memuat jasa desain logo, jawabannya adalah YA, karena tipografi diatas tentunya dibuat dengan grafis yang menyesuaikan isi dari bukunya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar