Minggu, 05 Maret 2017

Fungsi Lain Desain Grafis Yang Sudah Ada Sejak Dahulu


Banyak orang mengira jika desain grafis hanya berbentuk gambar yang mampu mempromosikan sebuah brand atau menginformasikan sebuah info dalam bentuk grafis. Memang, itulah poinnya, tetapi disamping itu, desain grafis juga memiliki fungsi lain yang tidak banyak diketahui.

Seperti yang kita ketahui, desain grafis sudah ada sejak dahulu, bahkan sejak manusia belum mengenal tulisan sekalipun, desain grafis sudah ada untuk mewarnai kehidupan manusia khususnya pada abad ke-20 dimana grafis memiliki peranan dalam seni.



Nah, mari kita lihat beberapa fungsi lain dari desain grafis yang tidak banyak orang ketahui dilansir situs penyedia jasa desain company profile. Simak informasinya.

Desain Grafis Untuk Majalah

Pada awal abad ke-20, spesialis grafis majalah berkembang sesuai dengan genre atau gaya individual; ada yang bergaya poster, gaya tipografis, dan litografis. Salah satu corak majalah yang pertama menjadi panutan adalah terbitan Swiss sejak Perang Dunia II. Misalnya majalah Graphic, yang mulai dipublikasikan di Zurich tahun 1944.

Beberapa tahun kemudian, di Inggris, terbit majalah Typographyca oleh Herbert Spenser. Majalah ini memiliki format besar dan konvensional dan serius dalam pengerjaan tata letaknya. Kemudian yang lebih penting lagi memuat tinjauan (review) naskah tentang tipografi untuk percetakan, kerja desainer, dan pengembangannya untuk sebuah industri.

Hingga sekarang sejak dikembangkan pada abad ke-20, desain grafis pada majalah sudah berkembang dengan pesat. Bahkan, memiliki tema tersendiri pada beberapa lembarnya, dengan kata lain, setiap lembaran majalah umumnya memiliki tema grafis tersendiri sesuai dengan apa yang akan diulas.


Desain Grafis Untuk Transportasi

Media transportasi memiliki ketertarikan dengan desain grafis? Tentu saja, semua itu berawal pada akhir abad ke-19 dimana grafis desain yang pertama untuk sistem transportasi muncul dalam bentuk poster dan tanda-tanda tulisan yang dibuat oleh perusahaan untuk menertibkan dan membimbing penumpang. Hasil desain dan sistem visualnya sangat buruk.

Langkah pertama yang dibuat oleh Germany Deutsce Werkbund, yang dibentuk tahun 1907 di Jerman, kemudian di Inggris oleh Design and INdustries Assiciation (1915), adalah untuk mengatasi masalah desain grafis untuk transportasi. Konstribusi yang sangat terkenal dibuat oleh Frank Pick menyatukan sistem transportasi tahun 1906. Kemudian salah satu usaha Pick terhadap London Transport Passanger Board tahun 1933 adalah menyatukan rancangan arsitektur dan desain untuk transportasi bus dan kereta bawah tanah, antara lain rancangan untuk desain grafisnya.

Sebagai contoh, coba Anda lihat gambar dibawah ini dimana tanda Jalan (road signage) rancangan Margaret Calvert dan Jack Kinneir (1964) untuk transportasi kota, nama kota dengan huruf san-serif putih dan kode kota berwarna kuning dengan latar hijau. Semua tanda panah seragam (gambar kiri). Gambar kanan memperlihatkan perbedaan negara dalam sistem kode jalan raya. Kanan atas adalah kode jalan raya di Perancis, yang dirancang oleh Remy Piegnot; sedangkan gambar kanan bawah adalah sistem kode jalan raya di Amerika yang dirancang oleh Margaret Calvert dan Jack Kinneir.


Desain Grafis Untuk Industri Musik

Rekording musik lewat cakram muncul tahun 1940-an, kemudian grafis rekaman ini berkembang sangat pesat. Walaupun desain grafis yang sesungguhnya ada pada perkembangan desain buku dan majalah, kemudian desain kemasan; namun desain kover musik berperan untuk membangun kesadaran desain grafis modern dan kebudayaan grafis. Hal ini berbeda dengan produk kemasan yang sekali pakai lalu berakhir menjadi sampah.

Kover musik umumnya menjadi bagian benda interior, dipajang, dan dipelihara sebagai bagian dari sikap kultural pemiliknya. Namun, kaitan antara gaya musik dan gaya grafis sangat krusial dan tidak menentu. Grafis kover umumnya visual, dan permanent; sedangkan gaya musik berubah-ubah. Namun, disamping itu, kehadrian desain grafis dalam insdustri musik khususnya kover membuat semua media musik menjadi menarik, dan artisnya pun memiliki idenitas tersendiri dan menjadi pembeda dengan artis lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar