Rabu, 08 Maret 2017

Anda Cocok Menjadi Seorang Desainer Grafis, Asalkan .....


Semua pekerjaan pastinya memiliki kriteria khusus sebagai bekal pengetahuan dalam menjalani pekerjaan. Tidak terkecuali dengan desain grafis dimana profesi ini memiliki kriterianya tersendiri dan tidak sembarang orang bisa terjun kedalam profesi ini.



Banyak sekali orang-orang yang bermimpi bisa bekerja sebagai desainer grafis, namun bekal yang mereka miliki ternyata belum cukup mumpuni. Nah, mumpung Anda masih muda, ayo tanamkan 5 karakter penting bagi desainer grafis berikut demi kelancaran karir Anda.

1. Anda Sangat Terobsesi Dengan Detail

Mungkin, Anda termasuk orang-orang yang suka mengorganisir semua kegiatan selama sehari sejak bangun tidur hingga berangkat tidur di malam hari. Beruntunglah Anda karena obsesi Anda pada detail seperti di atas sangat menunjang pekerjaan sebagai desainer grafis. Meskipun hal-hal seperti itu kadang kalanya bisa jadi sangat menyebalkan bagi orang-orang terdekat Anda, tapi percayalah, desainer grafis yang sukses kenal betul fungsi dan dampak setiap elemen dalam desainnya.


2. Anda Orang yang Persuasif

Dilansir situs jasa desain company profile, berhati-hatilah ketika bertekad memasuki industri desain, karena subjektivitas dalam desain sangat tinggi. Sebuah karya yang dinilai seseorang brilian, bisa saja hanya berarti sampah bagi orang lain.

Nah, untuk memuluskan setiap proyek yang Anda terima nantinya, desainer grafis minimal harus bisa mempertahankan argumen bahwa desainnya adalah desain terbaik. Syukur-syukur apabila Anda bisa 'menghasut' klien atau desainer lainnya dengan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga sinisme dalam benak mereka perlahan hilang.

3. Anda Suka Belajar Hal Baru

Bagi orang yang memiliki tendensi untuk mempelajari hal yang baru tanpa paksaan, tetapi lebih pada keinginan untuk berkembang, bekal sempurna sebagai seorang desainer grafis sudah ada dalam genggamannya. Meskipun Anda tidak sempat mengenyam pendidikan desain secara formal, seperti kuliah di jurusan desain grafis, seharusnya hal tersebut tidak melarutkan niatan Anda untuk menjadi desainer grafis profesional.

Ingat, industri desain berubah-ubah secara konstan. Perkembangan teknologi dan tren seringkali selaras. Oleh karena itu, tidak berlebihan rasanya apabila muncul frase 'desainer terbaik ialah yang tidak pernah selesai belajar'.

4. Anda Punya 'Kulit Tebal'

Industri desain grafis terkadang bisa menjadi cukup kejam. Tak jarang klien pun memberikan feedback yang sifatnya cenderung destruktif. Tetapi desainer grafis yang tangguh selalu bisa bangkit kembali dan menjemput proyek-proyek mendatang dengan semangat yang tetap membara.

Ketergantungan desainer grafis pada dirinya sendiri cukup tinggi, maka kepercayaan diri dan sedikit bermuka tebal akan sangat mendukung karir Anda, misalnya, dengan percaya diri untuk mengunggah karya terbaik Anda di media sosial sebagai portofolio.

5. Anda Selalu Tepat Waktu

Ketika Anda memiliki janji untuk bertemu pukul 19.00 tetapi Anda sudah ada di tempat pukul 18.45, Anda termasuk orang yang secara sistematis telah tertata rapi dan menghargai waktu. Saat menjadi desainer grafis, Anda harus bisa bersahabat dengan keriuhan hidup yang Anda jalani sembari menepati deadline pekerjaan.

Apabila Anda tidak bisa menyesuaikan diri untuk hidup fleksibel dan menghargai waktu, Anda bisa saja kehilangan pekerjaan, klien, hingga pemasukan yang besar. Desainer grafis yang sukses juga bisa menyelesaikan proyek tepat waktu meskipun sedang dalam tekanan.


Itulah kriteria yang bisa menjadi bekal Anda menjadi seorang desainer grafis disamping keahlian dibidang ini. Dari lima kriteria desainer grafis yang sukses di atas, berapa yang sekarang sudah Anda miliki?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar