Senin, 06 Maret 2017

Berapa Sih Gaji Desainer Grafis Di Negara Lain?


Di sekitar kita, masih banyak yang selalu selalu menyepelekan sebuah ide terlebih jika sudah diaplikasikan dalam sebuah grafis, dimana banyak orang yang belum terlalu banyak mengapresiasi kerja keras para desainer grafis dengan harga yang sepantasnya, karena sebuah ide memiliki harga yang tidaklah murah.

Saat ini, tidak sedikit juga yang menyangksikan kalau ide itu berharga, apalagi jika sudah diterapkan dalam desain. Padahal, jika kita mau berkaca pada fakta, kita bisa menjawab kesangsian mereka dengan mudah tanpa perlu ngotot mempertahankan harga diri kita sebagai desainer grafis.



Namun, jika dilihat dari kacamata international, ternyata meraup ratusan ribu Dollar dalam setahun bisa dilakukan hanya dengan menjual ide dalam grafis. Tidak percaya?

Sebuah survei yang digagas oleh Cameron Moll, pendiri Authentic Jobs (sebuah perusahaan penghubung penyedia dan pencari kerja) sedikit banyak mampu memberikan gambaran pada kita bagaimana berharganya kemampuan sebagai desainer. Survei yang melibatkan lebih dari 1.000 responden dari 58 negara ini sangat menarik untuk ditelisik lebih lanjut.

Dalam survei tersebut, seorang developer dan desainer grafis asal California, Amerika Serikat, mengaku mampu meraup sebesar $950.000 dalam setahun dan tercatat sebagai responden dengan gaji tertinggi. Sedangkan freelancer desain grafis asal Tunisia, menuliskan $200 sebagai penghasilannya selama setahun hanya dengan menjual ide dan gambar pada klien yang membutuhkannya.

Tabel di bawah ini menunjukkan rentang gaji dari para responden dengan gajinya yang kurang dari $20.000 dan lebih dari $250.000. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir responden yang sekiranya mendesain hanya untuk hobi, melakukan kesalahan dalam memasukkan data (typo), dan sampel lain yang kurang membantu:


Uniknya, ternyata juga ada tiga responden yang berasal dari Indonesia. Ketiga responden tersebut bekerja sebagai Mobile UI designer, Product Manager, dan Junior Developer, dan penghasilan mereka per tahunnya masing-masing $20.000, $9.100, dan $4.500. Angka yang lumayan sebagai pekerja kreatif di negara yang masyarakatnya belum benar-benar melek akan pentingnya desain, bukan?

Nah, dengan informasi tabel tentang harga desainer grafis dan jasa desain company profile diatas, mungkin sudah saatnya Anda yang saat ini berperan sebagai klient mengapresiasi krja keras para desainer grafis dengan selayaknya. Hindari juga kata 'DESAIN GRATIS' karena semua ide dari para desainer itu harga harganya dan tidak di dapatkan dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar