Kamis, 23 Maret 2017

Mengupas Rahasia Agar Melahirkan Desain Yang Terbaik


Desain grafis sudah menjadi media kreatif tersendiri yang banyak diminati hingga saat ini. Untuk membuat grafis yang amazing, tidak jarang ada rahasia-rahasia tersendiri yang dimiliki semua desainer, dimana pastinya rahasia ini berbeda antara satu desainer dengan desainer yang lainnya.



Jika Anda ingin mengetahui rahasia membuat desian grafis yang baik, pertama-tama berteima kasihlah kepada pada David Tendrich, karena bersedia membocorkan trik rahasia ini. Pengalamannya sebagai copywriter dan desainer grafis akhirnya mengilhami lahirnya prinsip ini. Asyiknya lagi, kiat, trik, atau tips ini sebenarnya juga bisa diterapkan untuk kegiatan produksi kreatif lainnya.

Menurut David, rahasia untuk melahirkan desain terbaik sepanjang hidup Anda adalah: membuang karya pertama Anda. Dan ada baiknya dibuang terus hingga (minmal) karya kelima Anda untuk proyek yang sama tercipta.

Pasti ada sedikit penolakan di hati Anda karena Anda merasa - sejelek apapun desain tersebut - itu adalah karya Anda sendiri. Kalau ingin lebih ekstrim menyebutnya, karya tersebut adalah 'bayi' Anda dan tidak ada 'orang tua' di dunia ini yang dengan tega membuang 'bayinya' sendiri. Namun dibalik itu semua, ketegaan inilah yang menjadi kunci keberhasilan Anda karena semakin banyak karya yang Anda buang, maka desain yang nantinya akan Anda lahirkan di masa depan pasti paling mengagumkan di antara sebelum-sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan tentang rahasia desain grafis menurut David Tendrich dibawah ini, seperti yang dilansir situs desain grafis, Skystar Digital.


1. Semakin Mencoba, Semakin Terbiasa

Pernah mengamati bayi yang baru belajar berjalan? Meskipun ia sering terjatuh ketika mencoba bertumpu pada kaki-kaki mungilnya, ia terus mencoba. Dan semakin banyak ia mencoba melangkah, maka ia akan semakin paham dan terbiasa. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika bayi tersebut akan menjadi atlet lari esok hari.

Begitu juga ketika Anda mendesain. Dengan mendesain, mendesain, dan terus mendesain, maka kemampuan Anda akan terasah dengan sendirinya. Secara otomatis, Anda akan belajar dan menemukan pola kerja Anda sendiri.

2. Desain Terbuang, Inovasi Malah Melekat

Setiap Anda selesai menghasilkan karya, Anda baru saja naik setingkat lebih tinggi. Tetapi, membuang karya tersebut akan mengangkat level Anda dua tingkat lebih tinggi.

Dirasa atau tidak, Anda pun semakin luwes dalam berinovasi dan pola penciptaan inovasi Anda akan makin ketara ketika rajin mempraktekkan ide ini.

Tidak perlu khawatir ketika mengklik 'Yes' untuk mengonfirmasi penghapusan file desain Anda. Desain boleh terbuang, tetapi inovasi dalam pikiran Anda tetap tinggal dan tak pernah menghilang. Santai saja.

3. Memacu Semangat Sendiri

Ketika Anda berhasil menerapkan teori ini, Anda bisa dibilang sudah terlahir kembali sebagai pribadi yang berbeda. Pembelajaran yang bisa diambil ketika Anda legowo untuk membuang karya Anda sendiri ialah Anda akan terpacu untuk terus berkreasi.

Saat Anda sampai pada suatu momen di mana Anda tidak puas akan karya Anda sendiri, nantinya, Anda tidak akan mendengar bisikan yang melarang Anda untuk membuang desain tersebut. Alih-alih, Anda semakin termotivasi untuk mulai mendesain kembali dari nol.

Intinya, prinsip ini menuntun Anda menjadi desainer pemberani yang jauh dari ketakutan akan langkanya inovasi atau ide. "You learn that the design isn’t what counts. It’s your skill and artistic soul that matter," ujar David.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar