Selasa, 07 Maret 2017

Lihat, Inilah 6 Desain Mata Uang Terindah Di Dunia


Uang bukan sekedar alat tukar barang dan jasa namun di dalamnya juga terkandung nilai seni yang tinggi. Setiap negara memiliki desain uang kertasnya sendiri dan kebanyakan dari mereka menyematkan gambar tempat-tempat wisata andalan atau kebudayaan negaranya masing-masing.

Inilah keindahan dari uang secara umum, dimana uang sekarang selalu mempresentasikan sebuah negara dengan baik, dan keindahan dari negara tersebut bisa dilihat dari desain uang yang berlaku dengan memajang budaya, ciri khas dengan perpaduan warna yang memikat mata.



Banyak negara yang memiliki uang dengan keindahan tersendiri, dan kami sudah merangkumnya dalam 6 mata uang terindah di dunia. Apakah Indonesia termasuk? check it out!

1. Selandia Baru

Pecahan uang kertas nominal $5 Selandia Baru yang baru saja beredar. Uang kertas tersebut mendapatkan penghargaan sebagai “Banknote of the Year” tahun 2015. Uang kertas yang satu sisinya menampilkan foto Sir Edmund Hillary, pendaki gunung Everest yang sangat terkenal sementara sisi lainnya menampilkan pinguin jenis hoiho dan lanskap Pulau Campbell ini tidak hanya sempurna dalam desainnya namun juga diklaim memiliki kecanggihan teknis dan keamanan tinggi sehingga sulit sekali untuk dipalsukan.



2. Kazakhstan

Dilansir situs penyedia jasa desain logo, pada tahun 2013 negara Kazakhstan bersaing ketat dengan Kanada dan Fiji memperebutkan penghargaan bergengsi Bank Note of the Year dari IBNS. Pada tahun itu tiga negara tersebut memang tengah mengeluarkan mata uang baru dengan desain yang sangat indah. Kazakhstan dengan uang kertas pecahan 1000 Tenge, sedangkan Kanada dan Fiji masing-masing menerbitkan pecahan 10 Dollar dan 5 Dollar.

Akhirnya penghargaan tersebut jatuh pada mata uang dari negara Kazakhstan yang sekaligus menandai penghargaan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2011. Desain mata uang yang begitu indah ini memiliki proses yang hampir sama dengan mata uang pemenang di tahun 2014 yaitu dengan menggandeng De La Rue Currency of England. Warna hangat kuning, coklat dan emas didedikasikan untuk Kultegin, the Monument of the Turkic Runic Writing. Hal menarik lainnya adalah desain gambarnya yang dibuat potrait, mematahkan desain lazim uang selama ini yang dibuat landscape.


3. Fiji

Fiji pernah mengeluarkan pecahan uang kertas sebesar $5 dengan desain yang apik. Secara keseluruhan uang kertas tersebut mengusung warna hijau yang segar dipandang mata. Salah satu sisi uang kertas tersebut menampilkan spesies burung khas negara Fiji bernama Kulawai. Sisi lainnya terdapat gambar bunga dan iguana. Karena desainnya yang indah uang kertas nominal $5 Fiji ini pernah dinominasikan untuk penghargaan Bank Note of the Year 2013 oleh International Bank Note Society. Sangat indah!



4. Suriname

Suriname, sebuah negara yang penduduknya banyak keturunan Jawa ini ternyata juga punya uang kertas dengan desain cantik yang bisa Anda temukan pada uang kertas nominal $5 Suriname. Warna dominannya adalah biru dengan gambar fauna khas dari negara tersebut. Dengan desain yang begitu elegan uang ini sebenarnya layak masuk dalam salah satu daftar Bank Note of the Year.



5. Indonesia

Meski belum pernah memenangi penghargaan Bank Note of the Year namun penampakan uang kertas Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Hampir di setiap uang kertas negeri ini menampilkan tempat-tempat wisata keren yang bisa dijadikan salah satu jurus untuk promosi. Sebut saja uang pecahan Rp. 50 ribu yang didesain dengan warna biru. Pada mata uang ini danau Beratan di Bedehul, Bali ditampilkan dengan sangat jelas, sedangkan satu sisinya menampilkan pahlawan I GustiNgurah Rai.



6. Trinidad and Tobago

Pada tahun 2014 gelar “Banknote of the Year” oleh International Bank Note Society (IBNS) disandang oleh uang kertas dollar dari negara Trinidad and Tobago dalam pecahan mata uang kertas sebesar $50. Uang tersebut dibuat dari bahan polimer dan desain gambar yang begitu memukau sehingga banyak yang memvote jika mata uang tersebut memang layak menyandang gelar Banknote of the Year. Dengan desain warna yang dominan emas dan gambar burung Cardinal alias burung Angry Bird di kedua sisinya membuat tampilan uang kertas ini bernilai artistik tinggi.


Bagaimana, semua uang diatas memiliki keindahan desainnya tersendiri, bukan. Dan sudah jelas, jika uang-uang tersebut didesain bukan hanya untuk transaksi saja tetapi juga sebagai identitas dan lambang keindahan suatu negara dikala banyak turis yang datang mengunjungi negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar