Senin, 06 Maret 2017

Manfaat Sebenarnya Dibalik Sketsa Untuk Desainer


Siapa sangka ternyata kemewahan teknologi seperti saat ini belum bisa menggeser keampuhan mensketsa untuk melahirkan desain yang bagus.Ya, benar sekali karena sebenarnya sketsa memiliki manfaat yang ampuh dalam menuangkan ide sebelum grafis dibuat dalam software.

Rasa-rasanya, pensil dan kertas sudah menjadi barang yang 'sarat nostalgia' gara-gara sudah banyak desainer grafis yang terbiasa memakai laptop, mouse, dan drawing pad. Dalam artikel yang disadur dari skystardigital.com ini, Anda akan diajak untuk kembali akrab dengan pensil dan kertas dengan mensketsa terlebih dahulu sebelum mendesain, karena sesungguhnya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Ini dia ulasannya!

Menggali Lebih Dalam

Alasan mengapa Anda harus membuat sebuah sketsa adalah Anda bisa membuang ide yang masih dangkal, sembari terus menggali ide lain sedalam mungkin. Maka, jangan merasa heran apabila Anda bisa menemukan konsep yang lebih padat dan inovatif. Atau yang - bisa jadi - belum pernah digali sedalam itu oleh desainer lainnya.


Bisa Dilakukan Dimana Saja

Ada hal menyenangkan yang bisa didapatkan dari mensketsa karena kegiatan ini tidak menyita waktu namun justru fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja. Anda bisa menuangkan ide sebebas-bebasnya di tempat umum, seperti taman, museum, stasiun, dan sebagainya, tanpa membutuhkan aliran listrik atau ancaman kriminalitas. Lagipula, tidakkah Anda bosan memulai setiap desain dari meja dan ruang kerja Anda di dalam rumah atau kantor, karena terkadang lingkungan yang indah bisa memberikan inspirasi lebih untuk grafis Anda.

Mengembangkan Kemampuan Anda

Salah satu alasan Anda dibayar sebagai desainer ialah karena Anda memiliki kemampuan yang unik. Nah, mensketsa pun tergolong pada kemampuan unik tersebut. Untuk itu, jangan ragu untuk mulai menumpahkan pikiran dalam kepala Anda dengan mensketsa. Cara ini dipercaya lebih mudah mengorganisasi ide Anda sendiri, menerangkannya pada klien atau rekan kerja, sekaligus mengembangkan dan mengasah kemahiran Anda dalam menggambar.

Lebih Memiliki Unsur Seni

Ada sesuatu yang berbeda rasanya saat tangan Anda menggenggam pensil daripada sekedar menggerak-gerakkan mouse saja. Kalau Anda sudah terbiasa mensketsa, pergerakan tangan Anda seperti lebih enteng dan mudah mengalir dengan natural. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat sisi artistik tersendiri dari karya dan cara kerja Anda.

ske
Semakin banyak berlatih untuk mensketsa, pergelangan tangan dan jari akan semakin luwes, desain keren pun bisa lahir dari tangan Anda sendiri karena intensitas penggunaan tangan pada sketsa yang cukup intens, hal inilah yang membuat sketsa lebih banyak manfaatnya.

Dari beragam faedah mensketsa, sekiranya 4 poin di atas sudah cukup untuk menggerakkan Anda agar segera membuat sketsa. Semoga akan ada desain terbaik di dunia di masa mendatang lahir dari sketsa Anda. So, mensketsalah agar grafis yang Anda buat bisa semakin maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar