Minggu, 26 Maret 2017

Transformasi Logo Hootsuite Yang Selalu Konsisten Dengan Burung Hantu


Siapa yang tidak kenal dengan Hootsuite, sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang juga terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti : Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dan WordPress. HootSuite ini juga merupakan salah satu dari klien Twitter yang resmi.



Bagi kalangan penggiat internet dan media sosial, Hootsuite bukan makanan asing lagi bagi mereka. Sistem pengatur media sosial yang cukup kredibel di dunia ini, sejak belakangan ini semakin bersinar dengan logo baru.  Inilah pertama kalinya Hootsuite muncul dengan wajah berbeda sejak resmi diluncurkan pada publik Desember 2008 silam, karena jika dilihat dari trackrecordnya, Hootsuite termasuk perusahaan besar yang jarang mengganti logo, terlebih umurnya yang belum mencapai 10 tahun.

Jika berbicara tentang logo, maka Hootsuit memiliki satu maskot yang sangat familiar yaitu Burung Hantu. Dilansir situs Skystar Digital, Owly sebagai maskot dari Hootsuite, cukup mengalami banyak perubahan jika dilihat dari sejak kapan terakhir kali Hootsuite ini di luncurkan.


Jika sebelumnya Owly memiliki warna yang colorful pada tubuhnya, sekarang warna-warna yang membalut tubuh si Burung Hantu itu dilucuti. Shading dan elemen lainnya yang memberikan kedalaman pada desain logo tersebut juga tak luput dihilangkan. Kemudian, Owly didandani dengan warna hitam dan putih saja, sehingga terlihat lebih serius dan lebih siap menyesuaikan diri dengan tren flat-design. Hal yang sama juga terjadi pada tulisan 'Hootsuite' di samping Owly. Warna dan gradasi sudah tidak terlihat lagi. Bisa terlihat bahwa Dengan mengadaptasi style yang lebih sederhana, ramping, dan manis inilah, Owly berhasil menghadirkan image baru dari Hootsuite yang semakin matang.

Logo terbaru Hootsuite ini didesain oleh Vigilantes, branding agency yang berbasis di Vancouver, Kanada. "Kami ingin memberikan image yang lebih dewasa, tanpa meninggalkan keseimbangan karakter brand," tutur Arndt Klos, head of brand strategy and design Vigilantes, pada AdAge.


Langkah re-branding ini dirasa perlu diambil demi kepentingan ekspansi bisnis. Terlebih, rencananya dalam waktu dekat ini, Hootsuite kabarnya akan membidik pasar Eropa dan Asia. Ini merupakan langkah yang cukup baik, karena perubahan logo ini tentu saja akan memberikan feedback yang cukup positif dari Hootsuite itu sendiri.

Apa tanggapan Anda perihal re-branding yang dilakukan Hootsuite ini? Apakah langkah perubahan logo ini dirasa tepat, atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar