Kamis, 23 Maret 2017

Mengenal Lebih Jauh Tentang User Interface Design


Istilah UI Interface memang sering wara-wiri di dunia industri desain grafis. Meskipun mungkin belum terlalu familiar di telinga kita, tetapi UI Interface adalah salah satu bidang dalam desain grafis yang penting kehadirannya, khususnya pekerjaan ini termasuk yang memiliki nilai tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya dalam dunia media kreatif.



Secara umum, User Interface design adalah proses untuk mendesain tampilan software, website, atau gadget agar mudah dan efisien untuk digunakan. Pekerjaan ini semakin populer hari demi hari pun menjanjikan kedepannya karena tren teknologi pada gadget dan software terus menanjak. Selain itu, desain antarmuka pengguna dibutuhkan untuk merealisasikan pepatah "pelanggan adalah raja".

Tugas seorang UI designer, menurut Michelle Rudolph, instruktor di Rasmussen College School of Design, ialah memprediksi apa yang akan dilakukan oleh user dan memberikannya jalan untuk merealisasikan keinginannya dalam beberapa langkah sederhana dan memungkinkan. Katherine Long, pendiri dari Illustria Designs, menyamakan UI design dengan 'invisible design', karena pekerjaan ini harus dieksekui sesempurna mungkin, saking sempurnanya sampai sang user tidak menyadari alur yang sudah ia lewati. Di sisi lain, kalau user menyadarinya, berarti eksekusi UI designer tersebut bisa dibilang gagal.

Contohnya, Anda bisa melihat optimisasi yang dilakukan oleh Facebook. Sejak pertama kali lahir pada tahun 2004, banyak sekali inovasi yang disajikan pada penggunanya, seperti tombol like, wall, photo tagging, newsfeed, dan sebagainya. Semua itu jauh berbeda dari versi awal Facebook, namun mereka seakan terintegrasi dengan mulus seiring berkembangnya media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut. Itulah contoh pengaplikasian desain antarmuka pengguna.


Lalu, bagaimanakah cara untuk menjadi UI designer?

Dilansir situs Skystar Digital, bekal yang bisa kita kumpulkan untuk menjadi UI designer sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama mulailah untuk lebih memperhatikan interaksi Anda dengan gadget, website, atau software apapun yang Anda miliki. Intinya, Anda harus memanfaatkan posisi Anda sebagai pengguna, yang berhak untuk memberikan kritik atau saran yang membangun. Pola pikir seperti ini tentu akan sangat berguna jika Anda berniat untuk berkarir sebagai UI designer.

Design Interface ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada user dalam menggunakan atau berkomunikasi dengan komputer. Apabila suatu program sulit untuk digunakan, maka hal ini akan memaksa user untuk melakukan suatu kesalahan saat menggunakan program tersebut. Dari tahun ke tahun teknologi berkembang sangat pesat oleh sebab itu, perkembangan dari Human Computer Interface (HCI) menjadi sangat penting bagi seorang analyst yang merancang atau menciptakan suatu software. Di mana harus memperhatikan kaidah-kaidah atau prinsip prinsip dasar seperti User Friendly dan User Oriented.

Sekarang ini banyak berbagai jenis komputer sistem yang ada seperti: dekstop, laptop, notebook, PDA, dan yang lainnya. Oleh sebab itu, desain antarmuka ini berperan sangat penting karena, jika berbeda device maka tampilan antarmuka akan berbeda juga. Seperti contoh antarmuka di laptop akan berbeda dengan antarmuka di PDA. Tergantung dari seberapa besar screen dan support sistemnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar