Kamis, 30 Maret 2017

Tips Desain Grafis, Inilah Panduan Style Untuk Brand


Bagi Anda yang sekarang sedang menjalankan sebuah perusahaan, memiliki branding yang konsisten dan juga menyeluruh adalah kebutuhan pokok demi terlahirnya familiaritas di masyrakat dan terjalinnya komunikasi dua arah antara Anda dan konsumen.



Tapi bagaimanakah caranya untuk menciptakan branding yang konsisten tersebut? cara paling sederhana adalah dengan terus melahirkan konten yang konsisten secara visual dengan menyesuaikan kaidah style yang sudah ada pada brand yang Anda miliki.

Sudah sewajarnya, Anda memiliki sebuah referensi yang berisi elemen dasar sebuah branding agar desain-desain yang akan mewakili branding perusahaan Anda kedepannya tidak melenceng. Apa saja elemen-elemen tersebut? inilah dia jawabannya.

1. Karakteristik Brand 

Mulailah dengan ringkasan singkat tentang perusahaan Anda sebagai pakem yang akan dipakai oleh desainer Anda nantinya:
• Mission: Sesingkat mungkin, jelaskan mengapa perusahaan Anda bisa ada dan kemana brand perusahaan Anda akan melangkah.
• Target Audience: Jabarkan siapa klien Anda dan bagaimana produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjawab masalah mereka.
• Personality: Buatlah daftar 3-5 kata sifat yang benar-benar mendefinisikan brand Anda untuk menentukan style desain dan konten yang akan dibuat. Beberapa kata yang lazim dipakai adalah ‘mewah’, ‘tegas’, ‘seru’, dan lain-lain.


2. Variasi Logo

Buatlah banyak versi dari logo brand Anda lalu tentukan dimana dan dalam ketentuan apa logo-logo tersebut diaplikasikan. Minimal, tentukan ukuran dan proporsi yang wajar agar logo Anda terhindar dari perubahan yang bisa merusak konsistensinya. Jika logo Anda membutuhkan kreasi untuk tipografi, pertimbangkanlah font yang tepat pula.

3. Gambar

Foto, gambar atau apapun itu yang berhubungan dengan media visual bisa menjadi hal menarik yang ditambahkan pada style untuk brand Anda. Jika nantinya Anda ingin ada porsi untuk foto atau ilustrasi untuk kepentingan desain brand Anda, jangan lupa untuk menentukan mulai dari sekarang. Akan lebih mudah tentunya jika Anda memiliki stok dalam jumlah besar dan diklasifikasikan dalam image library khusus untuk kepentingan branding.

4. Palet Warna

Demi menampilkan branding yang konsisten, coba untuk tidak memakai lebih dari empat warna utama untuk segala materi desain Anda. Sediakan beberapa contoh warna yang tepat untuk menggambarkan brand Anda. Umumnya, background dihiasi warna yang lebih terang, lalu warna teks lebih gelap, dan corak warna yang netral.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi panduan Anda dalam memberikan sentuhan style pada branding Anda. Lebih dari itu, jangan lupakan bahwa Anda tidak harus takut dalam membuat paduan atau mix and match untuk style brand Anda. Seperti yang dilansir situs jasa desain grafis yaitu skystardigital.com bahwa jangan takut bereksperimen asalkan Anda memiliki pondasi dasar dalam pengembangan branding Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar