Kamis, 02 Maret 2017

Yuk Kita Gunakan Brosur Sebagai Alat Pengenalan Produk


Sudah sejak lama brosur digunakan sebagai media promosi. Terdengar sedikit konvensional memang, akan tetapi jika sudah membicarakan tentang seberapa sering digunakannya brosur, maka sudah pasti jawabannya ya.

Brosur sendiri merupakan selebaran yang berisi mengenai tiga fungsi yaitu fungsi informative, fungsi iklan, dan fungsi identifikasi. Ketiga fungsi tersebut saling berkaitan untuk proses presentasi suatu perusahaan dalam pengenalan produk barang maupun jasa.



Brosur juga termasuk salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan perusahaan kepada semua orang, tidak terlebih bagi para calon konsumennya yang memang perlu dimedia pengenal agar mereka bisa mengerti dan tau sampai mana produk yang kita miliki, mulai dari kelebihan dan kekurangannya.


Ada beberapa jenis brosur yang pastinya sudah sangat sering kita temui, diantaranya ialah tri-fold (lipat tiga) yang biasa digunakan untuk mengiklankan produk baru atau layanan yang ditawarkan, ada juga bi-fold (lipat dua) yang digunakan untuk mempresentasikan proyek perusahaan Anda di luar atau di dalamnya.

Kedua jenis tersebut akan berbeda isinya sesuai dengan permintaan dan juga kebutuhan. Kejelian seorang desainer khususnya mereka yang bergelut dibidang jasa desain logo akan diuji ketika membuat sesuatu yang informatif dan bagaimana mempresentasikan produk kedalam selembaran kertas.

Karena sifatnya yang berbentuk seperti selebaran maka kesan mudah di ingat orang adalah titik utama dalam membuat sebuah brosur, namun agar promosi melalui media ini benar-benar efektif Anda harus memperhatikan segi desain dan isinya juga. Kedua aspek tersebut harus berkualitas dan tidak boleh sembarang. Jika Anda sembarangan maka orang lain yang menerima akan membuang dengan sembarang brosur yang Anda buat.

Mengenal Ketiga Fungsi Brosur

Fungsi Informatif : Digunakan untuk memberikan informasi terhadap konsumen mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam perusahaan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan Anda juga harus tertuang dalam brosur tersebut.

Fungsi Iklan : Sebagai alat iklan atau promosi, yang menarik dan memungkinkan Anda untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa. Untuk keterangan lebih lanjut fungsi ini akan dianalisis dalam aspek periklanan.

Fungsi Identifikasi : Mempunyai desain yang bagus, dan desain yang bagus akan membuat orang mudah mengidentifikasikan. Hal tersebut akan memberikan prestise dan kredibilitas perusahaan. Hal ini penting untuk brosur perusahaan Anda tidak hanya memiliki 'konsep", tetapi memiliki logo: sebuah logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, adalah salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.


Ada beberapa pertanyaan yang masih sering ditanyakan orang saat akan membuat brosur, apakah brosur tersebut bisa efektif dalam memperkenalkan dan mempromosikan produknya? Tentu saja, tetapi tergantung bagaimana Anda mendesain brosur tersebut karena keunikan dan identitas yang baik akan menghasilkan hasil yang maksimal, jika dibandingkan hanya dengan hal-hal yang monoton saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar