Kamis, 09 Maret 2017

Pop Art, Desain Grafis Unik Yang Populer Dari Dahulu Hingga Sekarang


Pop Art adalah salah satu gerakan seni yang populer di era modern hingga saat ini. Gerakan pop art dimulai sebagai pemberontakan melawan Ekspresionis Abstrak, yang dianggap megah dan lebih intens. Pop Art sendiri merupakan sebuah bentuk seni yang mencerminkan kembali ke realitas material kehidupan keseharian dari rakyat. Seni ini berasal gaya dari kegiatan visual dan kenikmatan orang mulai dari televisi, majalah hingga komik.



Awal geralan seni Pop Art sendiri dimula di Inggris pada pertengahan tahun 1950-an, setelah itu hadir di Amerika Serikat pada akhir 1950-an. Tujuannya adalah untuk menantang tradisi, dan diasumsikan bahwa unsur-unsur visual dari media massa dari budaya populer dapat dianggap seni rupa. Pop art bergantung pada penggalian materi dari konteks dan mengisolasi atau bergaul dengan mata pelajaran lain untuk kontemplasi.

Pop Art bertepatan dengan fenomena musik pop 50-an dan 60-an ‘dan itu sangat terkait dengan citra dan modis dari London. Pada eranya, desain Pop Art lah yang menciptakan desain cover beberapa artis ternama seperti The Beatles dan Elvis Presley. Lebih dari itu, ia termasuk aktris seperti Brigitte Bardot dalam karya-karyanya, mirip dengan cara Andy Warhol digunakan Marilyn Monroe sebagai model.


Gerakan seni Pop didefinisikan pada tema dan teknik yang diambil dari budaya massa populer. Media seperti iklan, benda budaya duniawi dan buku komik. Ini gerakan seni dianggap sebagai reaksi terhadap ide-ide abstrak ekspresionisme.

Karakteristik karya seni Pop Art adalah garis yang jelas dan representasi simbol, orang dan benda-benda yang ditemukan dalam budaya populer dan cat yang tajam. Gerakan Pop Art menggantikan, unsur-unsur destruktif satir dan anarkis dari gerakan Dada (gerakan berkonsentrasi pada anti-perang politik dan menolak standar yang berlaku dalam seni dengan menciptakan anti-karya seni budaya) dengan memiliki penghormatan terhadap konsumerisme dan budaya massa.

Selama gerakan seni pop, seniman menikmati benda satir dengan memperbesar objek-objek untuk proporsi besar. Makanan adalah tema umum dalam gerakan pop, serta benda-benda rumah tangga seperti kursi dan toilet yang terbuat dari plastik licin bukan bahan apa pun yang mereka biasanya terbuat dari.

Beberapa orang dan penyedia jasa desain company profile mungkin merasa penasaran bagaimana Pop Art menjadi sebuah partai yang kuat, bahkan 47 tahun setelah itu muncul. Jawabannya adalah bahwa Pop Art berkumpul sejumlah besar pendukung selama bertahun-tahun dan ternyata menjadi investasi besar. Pop Art masih berdiri sebagai inspirasi bagi seniman saat ini. Banyak fitur dari gerakan seni pop dapat diakui dalam karya hari ini, apakah kita sedang berbicara tentang desain web, desain grafis atau bidang kreatif lainnya. Tanpa diragukan lagi, Andy Warhol dan Roy Lichtenstein karya merupakan salah satu yang paling dikagumi dan telah mengilhami karya seni kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar