Senin, 27 Maret 2017

Ini Dia Tips Supaya Berhasil di Kontes Desain Grafis


Meskipun tidak seheboh dahulu, akan tetapi masih banyak kita temui kontes desain grafis di era digital saat ini. Terbukti, banyak media dan perusahaan yang menggunakan trik ini untuk menjaring banyak desain dan sering dengan hal tersebut, antusiasme desainer akan desain grafis pun semakin berkembang dengan pesat.



Namun, apa sebenarnya kriteria utama untuk memenangkan kontes desain? Sering sekali kontestan kompetisi desain menanyakan hal tersebut - terutama ketika desainnya tidak terpilih sebagai yang terbaik. Bagi Anda yang juga memiliki pertanyaan yang sama, Anda patut bersyukur karena sebentar lagi pertanyaan Anda akan terjawab.

Steve Price, founder sekaligus creative director dari sebuah studio desain yang berbasis di London, Plan-B Studio, memaparkan bahwa penilaian utama ketika dia mencari pemenang dari ratusan entri dalam sebuah kompetisi desain terletak pada implementasi ide yang brilian.

Dengan pengalamannya sebagai juri di beberapa sayembara desain terkemuka, seperti Lovie Awards dan D&AD Student Awards 2012, Price merumuskan beberapa cara agar Anda bisa melahirkan desain dari ide yang jenius sehingga dapat menjadi entri yang patut diperhitungkan menjadi pemenang:


1. Pilih Kontes yang 'Tepat'

Keinginan untuk mengikuti banyak kontes dan memenangkan semuanya ternyata, menurut pandangan Price, tidak baik. Lebih baik, Anda mengikuti kontes yang 'tepat'. 'Tepat' dalam hal ini lebih condong pada kemampuan Anda untuk menimbang apakah kompetisi yang akan Anda ikuti dapat meningkatkan kompetensi Anda sebagai desainer. "Playing it safe will never impress anyone," Price bersikukuh.

2. Hindari Mengulang Brief yang Sudah Diberikan

Ketika mempresentasikan karya Anda pada dewan juri, buatlah deskripsi yang menarik. Brief itu sendiri ditulis oleh juri dan/atau contest holder, lalu mengapa Anda harus menceritakan ulang apa yang sudah mereka buat? Ceritakan pada mereka pengetahuan yang Anda miliki tentang karya Anda, tetapi jangan berlebihan juga.

3. Tidak Perlu Belajar dari Sang Juara

Price menekankan, mencari inspirasi dari karya para pemenang kontes yang sudah lalu tidak akan melapangkan jalan Anda menjadi juara. Ditakutkan, ketika Anda mencoba menggali inspirasi dari kontes sebelumnya, hasil akhir dari karya akan mirip. Singkatnya, orisinalitas Anda bisa terancam.

Ini adalah blunder besar, mengingat tren desain itu fluktuatif; desain yang tahun lalu menjadi juara, bisa saja tahun ini sudah kadaluarsa. Jika Anda butuh suntikan inspirasi, Anda bisa memperdalam brief dari kontes tersebut dan bereksplorasi atau bereksperimen sebelum Anda memulai proses mendesain.

Itulah sedikit pemikiran Steve Price diambil dari situs Skystar Digital yang ditujukan pada kita semua agar kita bisa berkembang lebih jauh sebagai desainer yang kompetitif. Jadi, sudah siapkah Anda menjuarai kontes desain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar