Selasa, 24 Januari 2017

5 Tips Mengubah Blog Anda Menjadi Sebuah Bisnis



Dalam website, blog tidak boleh ketinggalan untuk terus diperbaharui karena dari sinilah interaksi Anda dengan user bisa terjalin, terlebih jika di dalam blog tersebut mengandung begitu banyak artikel menarik yang bisa menjadi modal jualan Anda.

Blog sejatinya untuk kegiatan blogging dengan kata lain, jika Anda memiliki keterampilan dalam menulis, maka blog ini bisa di kembangkan agar traffic website Anda menjadi semakin meningkat. Apakah peranan blog hanya seperti itu saja? tentu tidak, karena kini banyak perusahaan yang sudah mengembangkan blog menjadi bisnis menarik yang menjaring banyak user serta networking.


Bagaimana cara mengubah blog yang anda buat ini bisa menarik orang untuk terus aktif membaca hingga akhirnya menghasilkan uang untuk Anda sambil tetap mempertahankan tujuan utama Anda membuat blog itu? Dilansir situs jasa pembuatan company profile, berikut beberapa tips mengubah blog menjadi ladang bisnis.

Bergabung ke Influencer Marketing Platform

Apa itu Influencer marketing platform? Influencer Marketing Platform merupakan wadah yang mengumpulkan berbagai macam orang yang mempunyai blog dan yang membutuhkan pemasaran ke produk mereka. Sistem kerjanya mirip broker atau pihak ketiga yang menghubungkan mereka agar menjadi sistem media yang lebih besar.

Contohnya sebuah perusahaan membutuhkan marketing atas produk terbarunya contohnya handphone terbaru. Lalu anda punya blog yang membahas dan mereview handphone. Di wadah inilah keduanya akan dipertemukan dan bisa bernegosiasi untuk jasa yang ditawarkan untuk memasarkan produk. Bisa menaruh iklan, membuat review, membuat artikel promosi dan lain sebagainya.



Dibayar Untuk Menjadi Pembicara Di Event

Bayar membayar para narasumber itu lumrah terutama untuk orang terkenal. Kalau Anda punya blog yang punya pengunjung yang tinggi dan namamu dikenal orang di ranah dunia maya maka peluang ini bisa Anda dapatkan. Sekarang banyak event-event tertentu yang mengundang beberapa blogger untuk menjadi pembicara di acara mereka.

Kenapa? Karena Anda dianggap sebagai orang yang berpengalaman untuk tema acara yang mereka buat. Punya banyak pembaca dan mengulas topik spesifik yang cocok untuk acara mereka. Namun metode pembayaran tidak harus berupa uang tunai. Pembayaran tersebut bisa dialihkan ke berbagai macam cara seperti tiket gratis, ongkos perjalanan dan mempromosikan blog Anda di media lainnya.

Buat Space Iklan

Cara yang paling sering dilakukan dan mudah adalah dengan menyediakan space iklan di blog Anda yang bisa dipesan oleh brand-brand tertentu untuk memasang banner iklan. Pembaca blog Anda merupakan orang yang tertarik dengan apa yang Anda tulis.

Ketika mereka melihat penawaran iklan di blog yang terpercaya dan menarik, maka disitulah menjadi ladang untuk menarik orang untuk ikut serta turut memasang iklan di blog Anda. Buat banner semenarik mungkin. Semakin sukses dan menguntungkan iklan yang dibuat perusahaan juga akan semakin menguntungkan untuk Anda buat penghasilan jangka panjang.

Konten Sponsor

Kalau Anda lihat beberapa website berita seperti Kompas dan Detik akadang kali membuat sebuah artikel headline yang menarik namun isinya diselipkan iklan produk yang menunjang isi artikel yang dibahas. Artikel ini tetap bersifat informasi dan isi yang biasa ditampilkan dalam blog namun diberikan pengarahan untuk menggunakan poduk tertentu. Selama isinya tidak tampak memihak, maka para pembaca akan tetap mempercayai originalitas konten.

Buat Panduan Media

Tanyalah pada para pakar PR profesional maka hal inilah yang akan paling utama untuk dianjurkan untuk mengekspansi bisnis blogging Anda. Media Kit biasa disebut, berisi informasi tentang aktivitas blogging Anda dan networkingnya. Data yang disajikan seperti pengikut pada media sosial, traffic website, dan demografi pengunjung website. Buat tampilan dan desain yang mirip dengan tampilan blog Anda agar selaras. Dengan media kit ini, para brand bisa berminat untuk memasang iklan di blog Anda berdasarkan data yang disajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar