Kamis, 26 Januari 2017

Yuk Rencanakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Bisnis Anda



Media Sosial sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian orang. Bukan hanya sebagai media komunikasi, tetapi Sosial Media juga sudah dimanfaatkan sebagai pembentuk keefektifan sebuah bisnis yang dijalani oleh beberapa orang.

Ini disebabkan karena dengan menggunakan media sosial, para pelanggan akan langsung mengetahui apa saja yang dijual oleh sei penjual dan penjual sendiri bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka.


Media sosial yang biasa digunakan untuk bisnis antara lain, Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, penting untuk diketahui bahwa menggunakan media sosial untuk bisnis pun harus direncanakan dengan baik agar memperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Bagaimana caranya? simak ulasannya.

Facebook

Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan, Facebook tak lepas dari perhatian para pelaku bisnis untuk dijadikan sebagai media berbisnis. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan notifikasi dari jumlah Like yang diperoleh berdasarkan postingan tertentu. Kamu juga bisa membalas satu per satu komentar dan pesan pribadi yang dikirimkan oleh pengikut halaman Facebook bisnismu.

Untuk meningkatkan jumlah trafik, cobalah untuk mencari tahu hal-hal apa saja yang sedang popular dibicarakan oleh masyarakat yang tentunya berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan. Hindari juga HOAX yang saat ini sedang menyebar di Facebook karena bisa mengurangi nilai jual bisnis Anda.

Selain itu, facebook juga bisa digunakan sebagai media sharing pengetahuan melalui artikel atau dengan membagikan berita-berita yang relevan terkait dengan bisnis yang Anda jalankan.



Twitter

Tidak jauh berbeda dari Facebook, media sosial Twitter pun banyak dimanfaatkan sebagai sarana bisnis untuk melakukan pendekatan terhadap para pengikut meskipun dampak atau efeknya tidak begitu dirasakan jika dibandingkan dengan Facebook.

Biasakan untuk mengucapkan salam dan terima kasih kepada pengikut baru sebagai apresiasi yang dapat kamu berikan. Secara rutin cek juga mentions, popular hashtags, dan hal-hal lain yang muncul pada timeline.

Jangan ragu untuk mere-tweet postingan yang kontennya masih memiliki kaitan dengan bisnis yang kamu jalankan. Berikan jeda waktu untuk masing-masing tweet agar pengikut tidak merasa terganggu dengan postinganmu dan sertakan pula hashtags yang sesuai dengan konten yang ada pada tweetmu itu.



Instagram

Ini dia salah satu media sosial yang sedang booming saat ini. Beda dengan Facebook dan Twitter, Instagram adalah media tempat berbagi foto dan video antara satu user dengan yang lainnya. Untuk bisnis, pastikan bahwa kamu memposting foto dengan kualitas yang baik serta gunakan caption yang menarik.

Lakukan posting minimal 1 foto dalam sehari agar bisnismu tetap diingat oleh para pengikut akun Instagram tersebut. Kamu juga disarankan untuk memakai hashtags yang sesuai dengan postingan tersebut agar akun Instagram bisnismu lebih mudah ditemukan oleh target pasar yang sesuai.



Itulah beberapa cara dalam memanfaatkan media sosial sebagai bisnis Anda. Bisnis dapat dikembangkan juga dengan desain grafis atau jasa desain logo dimana Anda bisa memposting sebuah foto atau video pada media sosial diatas yang memuat Bisnis Anda setelah sebelumnya disentuh dengan teknik grafis agar lebih maksimal dalam menarik minat user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar