Jumat, 13 Januari 2017

Bagaimanakah Logo Perusahaan Yang Profesional Itu? Simak Infonya!



Logo sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk melengkapi identitas perusahaan. Sebuah perusahaan atau produk baik skala kecil maupun besar perlu memperkenalkan dirinya kepada masyarakat luas dan logo adalah salah satu hal yang bisa menjadi media perkenalan kepada masyarakat luas.


Pihak-pihak yang menggunakan logo tak terbatas pada perusahaan besar semata. Contohnya blog pribadi, perusahaan, toko online, usaha kecil yang dikelola perorangan pun menggunakan logo untuk identitas mereka. Cara desain logo yang baik yaitu dengan memperhatikan contoh-contoh dan ciri-ciri desain logo perusahaan yang baik.

Bentuk logo bisa bermacam-macam, ada yang hanya menampilkan nama saja (wordmark) ataupun perpaduan antara nama merek dengan simbol. Namun, yang paling penting dari semuanya adalah logo haruslah profesional agar menarik attention dari konsumen. Bagaimanakah caranya? simak infonya berikut ini.

1. Sederhana

Syarat yang pertama adalah sebagai identitas, logo terlebih yang dibuat oleh jasa desain company profile haruslah dirancang sesederhana mungkin agar tidak membingungkan banyak orang. Jika logo itu terlalu rumit, kemungkinan besar orang tidak mudah untuk mengenali logo tersebut.

Sebagai contoh, perhatikan Logo FedEx berikut ini, sangat sederhana, bukan?. Logo FedEx merupakan salah satu logo terbaik di dunia yang pernah ada. Itu karena kesederhanaannya, yang membuatnya mudah dikenali oleh banyak orang.



2. Mudah Diingat

Jika logo Anda sudah sederhana, pastikan juga logo tersebut mudah diingat banyak orang. Mudah diingat dalam artian bentuknya yang memorable ketika dilihat, dan memiliki ciri khas tersendiri, khususnya jika orang melihat logo kita, maka brand kitalah yang akan pertama kali terlintas dibenaknya.

Contoh desain logo yang sangat unik dan mudah diingat adalah logo Apple. Perhatikan bagian simbol buah apel yang terpotong itu. Desain logo Apple sedemikian uniknya, sehingga setiap orang mudah sekali untuk mengingatnya.



3. Tahan Lama

Bukan hanya produk saja yang harus tahan lama ditengah gempuran produk-produk yang ada di pasaran saat ini. Tidak banyak logo yang mampu melampaui zaman dari masa ke masa karena kebanyakan mereka akan berhenti di tengah jalan dan tidak bertahan lama.

Contoh logo yang tahan lama sebut saja Coca Cola yang mampu bertahan hingga ratusan tahun. Sejak diperkenalkan tahun 1887, logo Coca-Cola sempat mengalami beberapa perubahan dan perancangan ulang (redesign). Namun itu tidaklah mengubah karakteristik logo Coca-Cola dengan bentuk huruf bergaya Script yang sangat populer itu.



4. Sesuai Tujuan Perusahaan

Bagaimana khalayak luas memandang perusahaan Anda itu tergantung pada tampilan logo yang telah dirancang sebelumnya. Desain logo yang dirancang dengan matang mampu menimbulkan kesan-kesan tertentu bagi orang yang melihatnya. Apakah perusahaan itu profesional, dapat dipercaya dan diandalkan bisa tercermin dan diwakilkan pada desain logo.

Satu hal yang perlu diingat, desain logo tak harus menunjukkan produk atau jasa yang kita jual. Logo mobil Ferrari yang menampilkan simbol kuda jingkrak adalah contoh yang bagus karena memiliki arti keberuntungan dengan warna kuning yang mewakili Modena, tempat kelahiran Enzo Ferrari.



Itulah beberapa syarat utama untuk menjadikan sebuah logo terlihat profesional. Logo jangan di desain dengan asal-asalan, karena dampak dari Logo itu sendiri yang sangat memberikan energi positif pada brand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar