Kamis, 05 Januari 2017

Tips Mudah Membuat Brosur 3 Lipat



Brosur sudah menjadi satu media branding dan promosi yang banyak digunakan semua orang. Meskipun sedikit biasa dan konvensional, akan tetapi hingga saat ini brosur masih menduduki peringkat pertama dalam daftar media branding bersaing dengan katalog dan selembaran.

Ada banyak tipe dan jenis brosur, satu yang paling sering kita lihat adalah brosur 3 lipat. Sebenarnya brosur memiliki banyak lipatannya, akan tetapi brosur 3 lipat adalah yang paling banyak digunakan karena beragam alasan.


Satu, brosur 3 lipat lebih efisien jika dibandingkan dengan brosur satu lembar. Kedua, brosur jenis ini juga bisa membuat banyak informasi namun tetap simple. Dan yang terakhir, brosur 3 lipat juga mudah dalam pembuatannya. Benarkan? berikut beberapa tips dalam membuat brosur 3 lipat.



1. Apa Yang Ada Disekitar Kita

Sebelum Anda membuat brosur 3 lipat dari jasa desain company profile, terlebih dahulu pastikan mempelajari tentang jenis brosur seperti ini namun yang sudah sering ditemukan. Lihat, apa yang membuat brosur ini lebih menarik dari yang lainnya. Kepekaan desain inilah yang bisa Anda kembangkan dengan mempelajari desain orang lain.

2. Less Is More

Apa sebenarnya tujuan brosur yang anda buat? Buatlah daftar mana informasi yang penting dan atur setiap komponen dalam brosur (teks, foto, tabel, diagram, border, dll) berdasarkan prioritas ‘kepentingan’. Semakin jelas urutan kepentingan ini, akan semakin baik brosur anda nantinya. Coba pengulangan2 (repositioning) dan lihat bagaimana efeknya terhadap desain anda.

3. Gunakan White Space Untuk Menarik Fokus

White space atau bidang kosong bisa menjadi satu hal yang menjadi fokus utama seseorang saat melihat brosur Anda. Pastikan, white space ini ada karena ini bisa membuat brosur terlihat menarik.

Jika diibaratkan, white space itu seperti seseorang yang berteriak dalam ruang yang riuh akan terdengar jelas ketika ruang itu mendadak senyap. Begitu juga tulisan.

4. Bigger, Bolder and Brighter

Setelah anda menentukan tingkat kepentingan materi brosur, anda akan bisa mempertimbangkan bagaimana ‘memperlakukan’ setiap informasi itu: Huruf yang lebih besar, bold, atau warna yang berbeda, agar mendapatkan perhatian lebih dari pembaca.



5. Warna

Tidak ketinggalan, dalam brosur 3 lipat, warna juga menjadi hal krusial. Hal ini agar brosur Anda tidak berakhir di tempat sampah. Warna dalam brosur haruslah menarik, gunakan warna yang terang dan mempresentasikan brand Anda. Buatlah juga kolom share dengan warna terang untuk menarik minat konsumen.

6. Proofread

Cek,..cek lagi, lagi-lagi cek. Sangat terlambat jika mengetahui ada kesalahan setelah tercetak.
Pastikan teks, layout, sudah diperiksa berkali-kali sebelum dicetak.

Itulah beberapa tips dalam membuat brosur 3 lipat. Membuat brosur ini sangat mudah, Anda hanya memerlukan sebuah konsep dan join dengan para desainer grafis untuk membuatnya tampak maksimal dan menarik dari segala sisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar