Kamis, 19 Januari 2017

Paula Scher : Desainer Grafis Wanita Inspiratif



Di era modern saat ini, desain grafis sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari beragam hal di dunia. Sudah banyak orang-orang yang bergelut dibidang desain grafis dan jasa desain company profile yang memiliki reputasi tinggi saat ini, salah satunya adalah Paula Scher. Tahukah Anda jika beliau adalah salah satu desain grafis wanita yang paling berpengaruh?

Dilahirkan 67 tahun lalu di Washington D.C. Paula Scher mungkin adalah desainer grafis wanita paling berpengaruh dan inspiratif pada zaman ini, mengapa? karena selama karirnya ia telah banyak mendesain banyak sekali grafis yang out standing dan banyak di apresiasi masyarakat.


Kurang lebih selama 20 tahun lebih karirnya, Paula telah menghasilkan banyak desain spektakular dan memperoleh pencapaian-pencapaian luar biasa dan signifikan. Bukan hanya seorang desainer grafis, Paula juga adalah seorang pelukis dan pendidik seni dalam desain.



Setelah memperoleh gelar Bachelor jurusan Fine Arts dari Tyler School of Art, Paula mulai bekerja mengatur layout untuk buku anak-anak. Tak lama sesudahya, dia bekerja di Atlantic Records, di mana dia mendapat tugas untuk mendesain sampul-sampul album.

Dia lalu meninggalkan Atlantic Records untuk kembali ke CBS Records, tempat dia bekerja sebelum Atlantic, dan menjadi direktur seni East Coast pada usia yang terbilang sangat muda, 25 tahun! Hanya beberapa tahun sebelum dia mulai bergabung dengan Pentagram yang besar sekali, sebuah perusahaan desain yang berspesialisasi dalam desain grafis, desain industri dan arsitektur, pada tahun 1991; dan sejak saat itu dia menjadi pemimpin, pemimpin wanita pertama di sana.

Dia juga adalah seorang pengajar yang hebat, Paula mengajar di School of Visual Arts (sudah lebih dari dua dasawarsa sekarang) dan juga di Yale, Cooper Union dan Tyler School of Art. Sungguh sebuah pencapaian yang gemilang mengingat sangat jarang desainer grafis wanita bisa mendapatkan kehormatan untuk berkarir menjadi pengajar di Universitas ternama.

Namun, dibalik semua mahakarya luar biasanya, Paula ternyata memiliki sedikit kisah masa lalu yang cukup pahit, terlebih yang menyangkut tentang dunia desain grafis.



Diketahui, jika ternyata Paula menggunakan gambar dan grafis yang dia buat sebagai pelariannya dari realitas kehidupannya yang tidak bahagia khususnya saat ia masih anak-anak.

Meskipun begitu, karya-karyanya banyak menginspirasi mulai dari tipografinya yang inventif dan luar biasa, kualitas dari grafisnya yang selalu bersih dan rapi, sehingga banyak desainer muda yang sangat terpengaruhi oleh hasil karyanya.

Berbicara tentang inspirasi Paula Scher, tidak lengkap jika tidak membahas tentang penghargaan dimana ia merupakan anggorta Art Directors Club Hall of Fame dan hingga saat ini telah menerima Medali Type Directors Club, Penghargaan Desain Nasional dan Medali AIGA. Wow, sungguh pencapaian luar biasa dari seorang desainer grafis wanita.

Penasaran dengan hasil desain grafis dari Paula Scher? Berikut beberapa portofolionya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar