Kamis, 19 Januari 2017

Ingat 4 Hal Ini Sebelum Membuat Desain Sertifikat


Sertifikat adalah salah satu dokumen pendukung yang dibutuhkan banyak orang, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa yang sudah bekerja. Keberadaan sertifikat ini sebagai bukti penunjang kemampuan, keahlian dan juga prestasi yang telah diraih oleh seseorang baik formal maupun unformal.

Seringkali di antara lembaga dan organisasi memesan secara khusus kepada percetakan maupun jasa jasa desain company profile untuk membuat sertifikat yang mereka inginkan. Ada beberapa yang sudah jadi, ada juga yang belum, tergantung dari Anda mau seperti apa desain dari sertifikat itu sendiri.


Bagi Anda yang akan membuat sertifkat, yuk kenali 4 hal berikut ini sebelum mendesainnya.

Ide dan Konsep

Ide serta konsep akan selalu ada dalam apapun yang akan kita desain, tidak terkecuali sertifikat. Sebelum memutuskan untuk membuat desain sertifikat yang diinginkan, menggodok konsep atau ide adalah sesuatu yang penting.

Jika Anda termasuk tipikal orang yang sulit untuk memunculkan ide, maka Anda bisa mencari referensi di internet. Satu hal yang pasti, ide atau konsep yang Anda gunakan pada desain sertifikat haruslah sesuai dengan konsep acara, kegiatan atau lembaga yang menaunginya.



Pilih Software Yang Dibutuhkan

Ada beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk membuat sertifikat, yaitu Microsoft word, Adobe Photoshop dan CorelDraw. Ketiganya memiliki spesifikasi yang berbeda, dan tentunya bentuk atau desain sertifkat yang dihasilkan juga berbeda. Untuk software Microsoft word, Anda memang bisa menggunakannya untuk membuat sertifikat, namun desain sertifikat nanti jadinya bisa dibilang sangat sederhana karena tak tersedia cukup banyak pilihan.

Sebaliknya, program CorelDraw dan Photoshop Anda dapat dengan mudah membuat dan menerapkan desain sertifikat yang diinginkan. Tentu saja dengan desain dan beragamnya alat yang tersedia akan membantu Anda dalam mendesain sertifikat seperti apa yang diinginkan.



Sederhana Namun Mewah

Sertifikat pada dasarnya hanya berupa selembar kertas yang berisi tentang penilaian atau apa yang telah diraih seseorang pada suatu acara, tempat atau posisi. Namun, sangatlah tidak mungkin jika sertifikat dibuat tanpa mempertimbangkan nilai estetika, mengingat tidak semua orang bisa mendapatkan pengakuan melalui sebuah sertifikat.

Namun, meskipun begitu hendaknya sertifikat memiliki desain yang menarik, warna yang luar biasa dan format yang berbeda dengan yang lainnya. Pastikan untuk tidak terlalu rakus dalam mendesain sertifikat karena dalam sebuah sertifikat, desain ada untuk memperindah tampilan, sementara esensi dari sertifikat itu sendiri masih tetap sama, yaitu pengakuan tertulis tentang kemampuan, keahlian atau pencapaian seseorang dalam suatu bidang.



Berbentuk Persegi Panjang

Pada umumnya sertifikat memiliki bentuk persegi panjang atau horizontal, meskipun desain sertifikat itu sendiri berbentuk vertikal. Untuk membuat bentuk sertifikat ini, Anda bergantung pada software yang Anda gunakan untuk membuat sertifikat.

Apakah sertifikat harus selalu berbentuk seperti itu? tergantung selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah gebrakan dengan mendesain sertifikat dengan bentuk unik, maka tidak ada salahnya asalkan memiliki format resmi dan bisa menjadi penghargaan dalam mengapresiasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar