Kamis, 19 Januari 2017

Client, Jangan Pernah Mengucapkan Hal Ini Kepada Desainer Grafis



Client dan desain grafis adalah satu kesatuan. Tanpa desain grafis, client tidak akan bisa mendapatkan kepuasan dalam hal grafis, begitu juga dengan client yang menjadi penerus kelanjutan dari karir desain grafis sendiri.

Sebagai client, seringkali kita bertanya kepada para desainer grafis maupun jasa pembuatan company profile pertanyaan-pertanyaan yang kita anggap tepat untuk ditanyakan karena pertanyaan-pertanyaan tersebut kita anggap dapat membantu memperlancar proses desain, tetapi yang tidak kita sadari adalah bahwa kita sebagai klien awam sesungguhnya menanyakan pertanyaan-pertanyaan atau bahkan memberikan pernyataan yang salah. Benarkah?


Terkadang sepertinya seorang desainer seperti sulit untuk diajak berkomunikasi, karena perspektif seorang desainer grafis dengan kita sebagai orang awam sudah pasti berbeda.

Jadi, untuk membuat kedua belah pihak senang dan untuk membantu proses desain mengalami kemajuan, kita harus ingat untuk tidak pernah mengucapkan beberapa hal-hal kepada desainer grafis. Apa saja? simak informasinya.



INI MUDAH. BISA SAYA TERIMA REVISINYA 10 MENIT LAGI?

Ingatlah, Anda bukanlah seorang desainer grafis, Anda tidak bisa begitu yakin tentang seberapa lama prosesnya akan berlangsung karena Anda tidak tahu proses apa saja yang terlibat. Desainer grafis yang Anda sewa jasanya akan lebih dari senang untuk memberitahukan perkiraan waktunya kepada Anda jika Anda bertanya dengan ramah.

JANGAN HITAM, WARNANYA SURAM. JANGAN MERAH MUDA JUGA, TERLALU FEMININ. COBA BERMAIN DENGAN WARNA!

Jangan membuat desainer grafis bingung dan meninggalkan mereka dengan ketidapastian dengan pertanyaan ambigu seperti itu. ika Anda tahu tema warna seperti apa yang Anda inginkan, maka beritahukan kepada desainer agar ia tahu batasan saturasi warna yang dapat ia gunakan.
Tapi jika tidak, saran kami adalah Anda bertanya dan membiarkan desainer yang memberikan saran, karena umumnya mereka memiliki pengalaman yang banyak terlebih soal warna jika dibandingkan dengan Anda.

SAYA INGIN SESUATU YANG SAMA PERSIS SEPERTI INI. BISAKAH KAMU MELAKUKANNYA?

Untuk pertanyaan yang satu ini, semjua client pasti sering bertanya dan perlu usaha yang keras bagi desainer untuk mewujudkannya. Sama seperti yang sudah ada memang bagus, namun jika harus sampai meniru maka itu tidaklah bagus. Meniru hasil karya desainer grafis lain merupakan pelanggaran hak cipta dan Anda dapat berhadapan dengan konsekuensi-konsekuensi hukum nantinya.

SAYA INGIN DESAIN YANG TERKESAN MAHAL DAN ELEGAN, TETAPI BIAYA DESAINNYA JANGAN MAHAL-MAHAL?

Perlu kami ingatkan bahwa desain grafis tidaklah murah. Ada harga tertentu yang harus Anda bayar untuk sebuah visual dalam mempromosikan brand Anda. Untuk menghasilkan sebuah desain dengan kualitas tinggi, seorang desainer grafis harus mengerahkan upaya serta waktu yang lebih banyak. Jadi, sudah sepatutnya mereka diapresiasi selayaknya. Paling tidak, ikuti harga yang mereka terapkan tanpa mengeluh.



SETELAH SAYA PIKIRKAN KEMBALI, SEPERTINYA KITA KEMBALI KE DESAIN AWAL SAJA?

Seorang desainer grafis disebut desainer karena mereka memiliki kemampuan artistik serta teknis yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik. Jika Anda telah menerangkan kebutuhan Anda dengan detail dan menerima desain yang dianjurkan oleh desainer Anda, cobalah luangkan waktu sejenak dan berikan alasan yang masuk akal jika Anda membutuhkan revisi serta pastikan jika hal itu memang perlu dilakukan. Jangan habiskan waktu seorang desainer dengan eksperimen tiada akhir yang hanya akan membuang waktu mereka.

COBA CARI GAMBAR GRATIS SAJA DI INTERNET. KENAPA HARUS BELI KALAU ADA YANG GRATIS?

Memakai gambar dari internet dapat membawa Anda ke dalam berbagai masalah hukum, karena bisa saja gambar-gambar tersebut memiliki hak cipta. Selain itu, gambar-gambar yang beredar di internet biasanya memiliki resolusi rendah dan akan terlihat buruk bila dicetak.

Maka, tidak ada salahnya untuk mengambil gambar dari media terpercaya yang memiliki resolusi tinggi. Bukankah Anda pastinya akan senang jika kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar